Sebagaimana yang diketahui bahwa haid atau menstruasi itu merupakan sebuah kondisi dimana tubuh perempuan mengeluarkan darah dari rahim saat tidak ada pembuahan terhadap sel telur.

Pada umumnya, menstruasi ini terjadi setiap 21-35 hari sekali dengan durasi berlangsung selama 3-7 hari.

Namun ada sebagian kaum perempuan yang mengalami masa haid tidak lancar / tidak normal. Misalnya, dia baru mengalami menstruasi setelah 2-3 bulan yang terhitung dari haid terakhir.

Hal ini terjadi bisa beberapa kemungkinan, yang pertama perempuan tersebut sedang hamil, atau sedang mengalami masalah kesehatan. Pada prinsipnya, haid tidak lancar ini disebabkan oleh ketidakseimbangan kadar hormon estrogen dan progresteron.

Lalu bagaimana caranya supaya haid bisa lancar? Berikut cara melancarkan haid secara alami, aman, dan efektif:

1. Olahraga Secara Teratur

Olahraga

Cara pertama untuk memperlancar haid adalah dengan berolahraga secara teratur. Dalam hal ini, anda bisa berolahraga yang ringan seperti berjalan santai, berenang, maupun jogging.

Cara ini diklaim bisa memperlancar siklus haid secara efektif, sehingga siklus menstruasi anda akan kembali normal. Walaupun olahraga ini bisa memperlancar haid, namun lakukan olahraga ini sewajarnya, jangan terlalu berlebihan.

Karena justru olahraga yang berlebihan juga bisa memperparah siklus haid menjadi tidak lancar dikarenakan terlalu kelelahan.

2. Istirahat Yang Cukup

Istirahat yang cukup

Menstruasi yang tidak normal diakibatkan oleh produksi hormon kortisol berlebih yang melampaui batas normal sehingga bisa mengganggu keseimbangan antara hormon estrogen dan progresteron yang efeknya membuat siklus haid tidak lancar.

Untuk mengendalikan produksi kortisol tersebut, cara paling efektif yang bisa anda lakukan adalah dengan istirahat yang cukup. Dengan cara alami dan aman ini, siklus haid anda bisa teratasi tanpa harus berobat atau pergi ke dokter.

3. Berlatih Yoga

Yoga

Dalam hal ini ada sebuah studi pada tahun 2013 lalu yang melibatkan 126 responden menemukan bukti bahwa dengan melakukan yoga secara rutin sebanyak 5 kali dalam seminggu selama 6 bulan (durasi latihan mencapai 35-40 menit) bisa menurunkan kadar hormon yang menjadi pemicu siklus menstruasi menjadi tidak lancar / tidak teratur.

Selain itu, dengan yoga juga bisa mengatasi berbagai masalah lainnya yang ada kaitannya dengan haid, seperti nyeri haid, depresi, dan lain sebagainya.

Selain dengan cara-cara di atas, untuk memperlancar haid anda juga bisa mengkonsumsi makanan yang bergizi, seperti buah-buahan, sayuran, kacang-kacangan, dan lain sebagainya.

Demikianlah informasi kali ini semoga bermanfaat. Bagi kalian yang ingin update informasi menarik, berita terkini dan berita terbaru terus kunjungi Millenial.web.id.