sembelit

Sembelit atau yang istilah medisnya adalah konstipasi, merupakan masalah gangguan pada sistem pencernaan yang umumnya terjadi dikalangan masyarakat.

Masalah sembelit itu dikarenakan ada beberapa faktor yang mempengaruhi kinerja usus, sehingga memicu sembelit, komplikasi pada penyakit tertentu, dan kondisi mental seperti stress. Sembelit yang bukan dipicu oleh kondisi penyakit yang serius, biasanya dapat dengan mudah diatasi.

Masalah sembelit itu sendiri bisa ditentukan berdasarkan pergerakan usus atau frekuensi buang air besar yang kurang dari normal, sekitar kurang dari 3 kali per minggunya.

Sembelit juga akan ditandai dengan feses bertekstur kering, terlalu sedikit, dan menimbulkan rasa sakit ketika mengeluarkannya.

Namun kabar baiknya, pada kesempatan kali ini Millennial.web.id akan membahas beberapa cara alami yang efektif untuk mengatasi masalah sembelit. Maka dari itu, simaklah baik-baik ulasannya di bawah ini :

1. Memperbanyak Minum Air Putih

Minum-air-mineral

Cara alami pertama yang terbukti efektif untuk mengatasi masalah sembelit, yakni dengan memperbanyak minum air putih.

Berdasarkan dari hasil penelitian, masalah sembelit dikarenakan tubuh yang kekurangan cairan. Selain efektif untuk mengatasi sembelit, memperbanyak minum air putih juga dapat membantu tubuh untuk mengeluarkan toksin (racun). Dalam hal ini, anda dianjurkan untuk meminum air putih sebanyak 8 – 10 gelas per harinya.

2. Mengonsumsi Makanan yang Berserat

Alpukat

Makanan yang memiliki kandungan serat itu sangat baik untuk memelihara kesehatan usus, dikarenakan bisa mempermudah pergerakan usus sehingga lebih mudah dicerna.

Dalam mengatasi masalah sembelit, anda harus memilih makanan berserat yang sulit larut seperti gandum, sayuran hijau, buah pisang, buah alpukat, dan lain sebagainya.

3. Minum Kopi

Kopi-hitam

Tak banyak orang yang tahu, bahwa meminum kopi juga dapat mengatasi masalah sembelit lho. Ya, hal itu pun tidak lepas dari zat kafein pada kopi, yang dapat membantu usus agar tetap aktif.

Tak hanya itu saja, kopi juga memiliki kandungan serat yang cukup banyak sehingga bagus untuk membantu keseimbangan bakteri dalam usus.

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, disarankan bagi anda untuk meminum kopi sebanyak 2 – 3 gelas dalam sehari.

4. Mengonsumsi Tempe atau Yogurt

Yogurt

Masalah sembelit juga sering kali diikuti dengan bakteri dalam usus yang tidak seimbang. Bakteri usus sangat dibutuhkan untuk memproduksi asam lemak dan asam laktat, yang berguna untuk memudahkan usus dalam memindahkan bahan makanan yang telah dicerna.

Dalam upaya menyeimbangkan bakteri pada usus, anda harus mengonsumsi makanan yang mengandung probiotik (bakteri baik) seperti tempe dan yogurt.

Itulah beberapa tips simple yang sudah terbukti ampuh dalam mengatasi masalah sembelit. Pada intinya, anda juga harus menerapkan pola hidup yang sehat.