Memiliki bentuk badan yang ideal adalah menjadi dambaan setiap orang baik itu pria atau juga wanita. Seseorang bisa dikatakan memiliki berat badan ideal ketika badannya itu tidak gemuk dan juga tidak terlalu kurus. Jika kondisi badan kita gemuk, maka pastinya ingin segera untuk menurunkan berat badannya itu. Beberapa orang beranggapan jika bukanlah hal yang mudah untuk menurunkan berat badan. Tetapi bagi beberapa orang yang lainnya menurunkan berat badan itu bukanlah hal yang sulit untuk dilakukan. Adanya beberapa orang yang menurunkan badannya itu dengan melakukan perawatan medis seperti dengan pergi ke dokter, sedot lemak, atau juga dengan mengkonsumsi pil pelangsing. Tetapi cara cara itu akan membutuhkan biaya yang lumayan banyak.

Padahal ada banyak cara untuk menurunkan berat badan tanpa harus mengeluarkan banyak uang. Berikut beberapa cara murah untuk menurunkan berat badan diantaranya yaitu :

Memperbanyak Frekuensi Makan Dan Mengurangi Porsi Makan

Banyaknya orang yang beranggapan jika ingin agar berat badan segera turun maka frekuensi makan makanan yang berat harus dikurangi. Padahal anggapan ini salah, karena akan bertambahnya masalah yang baru ketika seseorang makan dengan porsi makan yang besar dalam satu kali makan. Sebenarnya kita hanya cukup dengan mengurangi porsinya saja, misalnya sekali makan itu mengkonsumsi 3 sendok makan nasi saja dan lauknya. Tetapi frekuensinya harus tetap atau dilakukan dengan sering, sehingga makan tetap saja 3 kali sehari tetapi dengan porsi yang sedikit saja.

Menghindari Makan Lebih Dari Jam 6 Sore

Mengkosumsi makanan lebih banyak pada saat sarapan wajib untuk dilakukan karena ini sebagai asupan energi untuk menjalankan aktivitas seharian penuh dan begitu juga dengan makan siang. Sebaiknya makan siang itu porsinya harus lebih sedikit jika dibandingkan dengan menu sarapan. Dan begitu juga ketika malam hari maka sebaiknya tidak mengkonsumsi makanan berat lagi karena dimalam hari aktivitas sudah selesai. Tetapi jika perut meras lapar dimalam hari maka nasi itu bisa diganti dengan apel, atau jika memang ingin sekali makan malam maka setelah makan selesai jangan langsung tidur.

Menghindari Snack Dengan Kandungan Gula Yang Tinggi

Agar berat badan segera turun juga maka hindarilah untuk mengkonsumsi snack yang mengandung gula tinggi. Karena mengkonsumsi makanan yang mengandung banyak gula ini dapat mendatangkan berbagai penyakit seperti diabetes, kolesterol tinggi, obesitas, gigi, dan penyakit lainnya. Selain makanan yang harus dihindari, minuman bersoda juga harus dihindari karena kandungan gula dalam minuman bersoda itu sangat tinggi.

Mengkonsumsi Air Jeruk Nipis Setiap Pagi

Berat badan akan turun dengan cepat jika rutin disetiap paginya meminum air jeruk nipis yang dicampurkan dengan segelas air hangat. Kandungan vitamin C yang terkandung didalam jeruk nipis ini akan menyerap kalsium didalam sel sel lemak sehinga berat badan pun akan turun.

Itulah beberapa cara murah untuk menurunkan berat badan. Selain itu masih ada cara mudah lainnya yaitu dengan melakukan olahraga. Tetapi jika tidak terbiasa melakukan olahraga maka jangan panik dulu, karena untuk menurunkan berat badan ini tidak perlu melakukan olahraga yang berat. Olahraga ringan yang dipercaya ampuh akan dapat menurunkan berat badan adalah cardio, yoga, sit up dan push up.