manfaat daun kelor

Millennial.web.id – Di masyarakat kita, jika mendengar nama daun kelor, pasti selalu dikaitkan dengan hal-hal yang mistis. Dimana mereka meyakini bahwa daun kelor ini bisa digunakan untuk mengusir roh jahat yang merasuki jiwa seseorang, atau untuk menghilangkan ilmu kekebalan dari seseorang, dan lain sebagainya.

Namun dalam artikel kali ini bukan untuk membahas hal-hal tersebut, tetapi yang akan dibahas adalah manfaat daun kelor bagi kesehatan tubuh sebagai berikut ini:

1. Mengurangi Peradangan

Kandungan anti-inflamasi yang terkandung dalam daun kelor ini bisa mengurangi peradangan pada tubuh. Perlu anda ketahui bahwa peradangan ini merupakan respon alami dari tubuh terhadap suatu infeksi atau cedera dan sangat penting sebagai mekanisme perlindungan tubuh. Namun peradangan yang berkelanjutan, bisa menjadi salah satu gejala penyakit kanker dan jantung.

2. Menurunkan Kolesterol

Kolesterol yang tinggi di dalam darah bisa meningkatkan resiko penyakit jantung. Namun untungnya masih banyak makanan yang bisa menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh, seperti daun kelor, almond, dan gandum.

Baca Juga: Cara Mudah Menurunkan Berat Badan

3. Kaya Antioksidan

Seperti yang sudah diketahui bahwa antioksidan ini merupakan senyawa yang bisa melawan radikal bebas di dalam tubuh. Sedangkan tingkat radikal bebas yang tinggi bisa menyebabkan stres dan kemudian menimbulkan banyak penyakit kronis lainnya, seperti diabetes.

Dengan memanfaatkan daun kelor ini yang kaya akan antioksidan, tentunya bisa menjadi salah satu solusi untuk menurunkan radikal bebas dalam tubuh.

Dalam hal ini daun kelor tersebut bisa diseduh menjadi teh, atau ekstraknya bisa digunakan sebagai bahan pengawet makanan yang alami.

manfaat daun kelor

4. Anti Kanker

Manfaat lainnya dari daun kelor ini adalah untuk mencegah kanker. Hal ini ditunjukkan dalam studi kultur jaringan sel kanker serviks manusia yang diterbitkan dalam edisi Juni 2011 jurnal Food and Chemical Toxicology. Dimana disebutkan, bahwa ekstrak kelor ini bisa mencegah pertumbuhan dan reproduksi sel-sel kanker.

5. Menyehatkan Mata

Daun kelor ini memiliki kandungan vitamin A yang cukup tinggi, bahkan 4 kali lebih tinggi dibandingkan dengan wortel yang selama ini diklaim sebagai sumber vitamin A. Sehingga dengan mengkonsumsi daun kelor ini, bisa memberikan pengaruh besar bagi kesehatan mata.

6. Anti Stres

Menurut hasil penelitian yang ditulis dalam Journal of Pharmacology and Pharmacodynamics, mengatakan bahwa daun kelor ini merupakan salah satu adaptogen alami. Jadi, tanaman kelor ini memiliki kemampuan untuk melindungi tubuh dari efek toksis yang dipicu oleh stres.

7. Menurunkan Gula Darah

Seperti yang sudah diketahui bahwa gula darah bisa menjadi masalah yang serius bagi kesehatan. Karena gula darah yang tinggi bisa menyebabkan diabetes.

Selain itu, gula darah juga bisa menyebabkan penyakit lainnya seperti jantung. Salah satu cara yang alami untuk menurunkan kadar gula ini adalah dengan memanfaatkan daun kelor.

Ada sebuah penelitian yang melakukan eksperimen, dengan menggunakan daun kelor sebanyak 50 gram serta mencampurnya ke dalam makanan. Dan hasilnya, daun kelor ini diketahui bisa mengurangi kenaikan gula darah sebesar 21%.

Itulah beberapa manfaat daun kelor bagi kesehatan yang bisa disampaikan, semoga ada guna dan manfaatnya.