cara-cek-imei-handphone-yang-benar-dan-mudah

Millennial.web.id – Memang tidak bisa dipungkiri lagi, bahwa hp merupakan salah satu perangkat elektronik yang paling laris didunia. Ya, terang saja demikian, sebab ponsel saat ini sudah menjadi bagian dari kebutuhan primer untuk kebanyakan orang. Mengingat akan hal itu, maka tak heran juga jika setiap orang sudah memiliki sebuah hp untuk menunjang aktivitasnya. Bahkan, ada sebagian dari mereka yang memiliki 2 – 3 buah handphone lho! Dan setiap handphone pasti memiliki nomor IMEI.

Apa sih nomor IMEI itu?

Perlu kalian ketahui, IMEI itu merupakan singkatan dari International Mobile Equipment Identity yang berfungsi sebagai nomor identitas khusus yang dikeluarkan oleh asosiasi GSM (GSMA), untuk setiap slot kartu GSM yang dikeluarkan oleh produsen hp. Dengan kata lain, setiap hp itu sudah memiliki nomor IMEI yang mengidentifikasikan ponselnya. Bahkan, di Indonesia sendiri akan menggunakan IMEI untuk pemblokiran pada ponsel BM (black market). Adapun mengenai beberapa manfaat dari IMEI adalah seperti di bawah ini:

  1. Untuk mengetahui identitas hp
  2. Untuk mengecek masa garansi
  3. Untuk melacak keberadaan hp yang hilang

Menurut informasi yang didapat, saat ini pemerintah Indonesia melalui Kementerian Perindustrian akan melakukan upaya pemblokiran terhadap hp yang IMEI-nya tidak terdaftar di Kementerian Perindustrian. Hal tersebut bisa terkena dampak bagi mereka yang membeli hp di pasar gelap alias black market, atau juga bisa berlaku bagi mereka yang membeli hp di luar negeri. 

Pada umumnya, panjang IMEI itu harus 15 digit serta bisa digunakan untuk memeriksa berbagai bit informasi seperti Negara asal, pabrikan, hingga nomor model. Lalu, bagaimanakah cara cek imei handphone

Cara Cek IMEI Handphone yang Benar dan Mudah

Kamu sudah pernah coba cek nomor IMEI handphone mu? Jika belum, simak cara cek IMEI handphone yang benar di bawah ini ya!

1. Melalui Kode Dialing *#06#

– Silahkan masuk ke menu “Dialer” pada layar hp androidmu

– Kemudian ketik *#06# lalu tekan tombol telepon (Call / Panggil)

– Dengan begitu, maka secara otomatis akan muncul informasi seputar IMEI kamu.

2. Melalui Menu Pengaturan Ponsel

– Silahkan buka menu “Settings” yang berupa kotak merah di layar hp kamu

– Berikutnya pilih “About Phone”

– Agar mengetahui IMEI hp androidnya, kamu hanya tinggal memilih “Status”

Selain melalui kedua cara yang di atas tadi, cara cek IMEI handphone juga bisa kamu lakukan dengan cara melihat box (kardus), baterai, dan perangkat gadget. Untuk mengetahui apakah nomor IMEI kamu sudah terdaftar di Kementerian Perindustrian, silahkan kunjungi halaman https://imei.kemenperin.go.id  dengan memasukan nomor IMEI-nya. 

Peran Kementerian Perindustrian Dalam Regulasi IMEI

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) akan mengumpulkan data IMEI yang diperoleh dari proses pendaftaran telepon seluler, komputer genggam, dan komputer tablet yang telah diatur dalam Peraturan Menteri Perindustrian RI No. 108 / M-IND / PER / 11 / 2012. 

Seperti apakah dampak yang akan terjadi jika IMEI hp kita tidak terdaftar di Kemenperin? Dalam hal ini, kita tidak perlu khawatir karena nantinya akan ada upaya “Pemutihan” sehingga kamu bisa mendaftarkan nomor IMEI hp dengan ketentuan yang berlaku di Republik Indonesia setelah peraturan tersebut benar-benar di sahkan di Indonesia. Menurut kabar yang beredar, hp yang terblokir itu adalah mereka yang tidak dapat menggunakan perangkat hp-nya untuk terkoneksi ke jaringan internet.

Pada dasarnya, dengan adanya peraturan ini tentu saja akan banyak pihak yang diuntungkan karena produksi hp dalam negeri bisa meningkat dengan ketentuan hp yang terdaftar resmi di Indonesia, sehingga berdampak secara tidak langsung pada perekonomian Indonesia. 

Bagaimana, sekarang sudah lebih tau kan perihal nomor IMEI pada gadget? Setelah mengetahui cara cek IMEI handphone, langsung segera dipraktekkan ya untuk memastikan status handphone kamu!

Baca juga: 10 Aplikasi Desain Rumah di Android