Manfaat-kacang-tanah-untuk-ibu-hamil

Millennial.web.id – Seperti yang diketahui jika kacang tanah memiliki banyak manfaat seperti dapat mengurangi resiko hipertensi, stress oksidatif, diabetes, dan juga melindungi lansia dari penurunan kognitif.

Dan bahkan sebuah studi terbaru menemukan jika kacang tanah ini juga bermanfaat bagi ibu hamil. Temuan yang dipublikasikan di European Journal of Epidemiology ini menyatakan jika ibu hamil di trimester pertama rutin mengkonsumsi kacang kacangan maka akan dapat membantu meningkatkan perkembangan saraf pada anak.

Selain itu masih ada manfaat kacang tanah untuk ibu hamil trimester pertama lainnya, diantaranya yaitu:

1. Mengobati Anemia

Semua jenis kacang terkenal mengandung zat besi yang tinggi termasuk kacang tanah. Seorang ibu hamil yang mengkonsumsi kacang utuh atau selai kacang dapat terhindar dari anemia.

2. Menurunkan Resiko Penyakit Jantung

Kandungan lemak tak jenuh tunggal didalam kacang tanah cukup tinggi terlebih asam oleat yang memang sangat baik untuk kesehatan jantung. Oleh karena itu ibu hamil yang memiliki riwayat penyakit jantung sangat dianjurkan mengkonsumsi kacang tanah ini.

3. Mencegah Kanker

Kacang tanah merupakan sumber yang baik dari pitosterol. Juga disebut sebagai beta-sisterol yang dapat menghambat berkembangnya tumor. Ibu hamil yang sering mengkonsumsi kacang tanah maka dapat terhindar dari resiko terkena kanker usus besar selama masa kehamilan.

4. Meningkatkan Memori

Kacang tanah mengandung Vitamin B3 yang dapat meningkatkan daya dan fungsi memori otak. Selain itu juga kandungan flavonoid resveratrol didalam kacang tanah dapat membantu meningkatkan aliran darah ke otak.

5. Membantu Menambah Berat Badan

Jika ibu selama masa kehamilan kekurangan berat badan, maka mengkonsumsi kacang tanah adalah tindakan yang paling tepat. Pasalnya kacang tanah mengandung kalori yang dapat membantu ibu hamil bisa mencapai berat badan yang sehat atau ideal selama masa kehamilan.

Baca juga: 5 Cara Agar Cepat Hamil yang Bisa Diterapkan untuk Segera Dapatkan Momongan

Ibu-hamil

6. Tidak Mudah Sembelit

Wanita hamil cenderung sering mengeluh mengalami konstipasi atau sembelit. Kacang tanah merupakan sumber serat yang kaya sehingga dapat membantu ibu hamil terhindar dari masalah konstipasi atau sembelit.

7. Melawan Depresi

Kandungan asam amino esensial tryptophan didalam kacang tanah dapat menghasilkan serotonin. Serotonin merupakan salah satu elemen penting didalam mengatur suasana hati dan dapat memerangi depresi.

8. Sumber Protein

Kandungan protein yang cukup tinggi didalam kacang tanah dapat membantu pertumbuhan dan perkembangan janin yang tepat.

9. Mengembangkan Tulang Dan Jaringan

Kacang tanah mengandung mangan dengan jumlah ideal yang dapat membantu pertumbuhan jaringan dan tulang janin. Kandungan mangan tersebut juga dapat membantu mencegah kontraksi prematur rahim.

10. Mencegah Preeklamsia

Sangat berbahaya bagi ibu hamil mengalami masalah tekanan darah tinggi selama masa kehamilannya. Tetapi ibu hamil bisa terhindar dari preeklamsia jika rutin mengkonsumsi kacang tanah. Pasalnya kandungan vitamin E didalam kacang tanah dapat membantu mengendalikan tekanan darah tinggi.

11. Mengelola Gestational Diabetes

Mengkonsumsi kacang hijau dengan dosis yang tepat termasuk selai kacang dapat menjadi bagian dari diet diabetes kehamilan yang seimbang untuk ibu hamil.

Itulah 11 manfaat kacang tanah untuk ibu hamil trimester pertama. Kacang tanah memiliki manfaat yang cukup banyak untuk menjaga kesehatan ibu hamil dan janin karena mengandung nutrisi dan gizi yang cukup berlimpah.

Dengan begitu ibu hamil tidak perlu ragu lagi untuk mengkonsumsi kacang tanah jika ingin tetap sehat selama masa kehamilan hingga kelahiran nanti.

Baca juga: Ini Dia 3 Langkah Aman Berhubungan Saat Hamil