belajar gitar

Siapa yang suka bermain gitar atau ingin belajar main gitar? Ya, memang alat musik yang satu ini banyak digemari, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa, banyak yang ingin bisa memainkan alat musik yang satu ini.

Selain dapat mengeluarkan suara yang merdu, alat musik gitar sangat cocok untuk mengiringi seseorang saat sedang bernyanyi.

Pada kesempatan kali ini, Millennial.web.id akan memberikan 3 langkah untuk belajar gitar:

Tentukan posisi bermain gitar yang pas dan nyaman

how-to-practice-guitar-like-a-pro

Sebelum mulai berlatih, tahapan kesatu teknik bermain gitar guna pemula ialah penting untuk memahami bagaimana posisi bermain dan teknik memegang gitar yang benar.

Kamu dapat mencoba untuk menciptakan diri merasa nyaman saat membawa gitar. Sebagai pemula, kamu dapat memangku gitar, dekatkan badan gitar ke dada dan perut.

Tahan badan gitar seraya menekan-nekan senar sembarangan. Jika anda merasa tidak cukup nyaman maka kamu dapat mengubah posisi gitar.

Pastikan langkah ke satu ini adalah memilih posisi yang nyaman. Pasalnya, andai kamu tidak nyaman dengan posisi dudukmu, bakal membuatmu tidak konsentrasi saat belajar teknik bermain gitar.

Berikut ini langkah-langkah menilai posisi yang nyaman:

  • Duduklah di kursi dengan nyaman. Tegakkan punggung dan bahumu.
  • Dekatkan badan gitar ke perut dan dadamu. Lalu pegang unsur leher gitar dengan tangan kiri menyusun huruf V.
  • Tahan badan gitar dengan pertolongan kaki kananmu. Kemudian, jajaki tekan-tekan senar secara asal, mulai dari pelan sampai cepat, untuk mengajar keseimbangan.
  • Cobalah terus posisi memegang gitar ini masing-masing 5 menit sekali untuk membiasakan dan menyeimbangkan diri. Di awal-awal, punggung dan bahumu barangkali akan terasa sakit. Tapi lama kelamaan anda akan terbiasa.

Pelajari teknik tuning atau menyetel senar gitar

Practice-guitar

Setelah menemukan posisi yang nyaman, maka saatnya anda belajar guna menyetel senar gitar. Pasalnya, nggak seluruh senar gitar langsung menerbitkan suara merdu ketika dipetik, lagipula jika baru pertama kali dibeli. Belajar tuning perlu anda lakukan supaya gitar dapat menghasilkan suara petikan yang merdu.

Belajar teknik tuning senar gitar tersebut penting karena dapat membuat telingamu terbiasa mendengar nada yang tepat.

  • Ketahui nama-nama senar. Dari atas (yang sangat tebal) ke bawah (yang sangat tipis) urutannya ialah E, A, D, G, B, dan E.
  • Atur tuner (putaran yang terdapat di kepala gitar) dan sesuaikan dengan kebutuhanmu. Kalau mengharapkan nada yang tinggi, kencangkan senar gitarmu. Tapi andai kamu mengharapkan nada rendah, putar tuner-nya hingga senar mengendur dengan tepat.
  • Kencang atau kendurnya senar ini sangat memprovokasi nada yang bakal dihasilkan. Tepat atau tidaknya nada yang dihasilkan dapat kamu ketahui sendiri andai sudah terbiasa mendengarnya. Nah, guna awalan, kamu dapat minta pertolongan temanmu yang telah mahir guna mengajarkan bagaimana teknik tuning yang tepat. Usahakan kamu minta bantuannya sekali. Supaya anda tidak ketergantungan dengan bantuannya dan mulai belajar guna tuning senarmu sendiri.

Cari tahu kunci-kunci dasar dalam gitar

Belajar-gitar

Sudah dapat tuning sendiri? Langkah selanjutnya dari teknik bermain gitar guna pemula ialah mencari tahu kunci-kunci dasar dalam memainkan gitar. Ada A, Am, B, Bm, D, Dm, E, Em, C, dan pun G. Setiap kuncinya, memiliki teknik sendiri guna dimainkan dan dipetik.

Pengetahuan dasar semacam ini minimal sudah anda ketahui dulu sebelum mulai belajar memainkan kunci-kunci. Untuk mempermudah proses belajar, kamu dapat mencatat kunci-kunci dasar gitar di buku khusus. Nah, jika bermusik menjadi hobi kamu maka kamu bisa menghasilkan uang dari hobi bermusik kamu ini.