tips menjaga kesehatan jantung

Jantung merupakan salah satu organ vital dalam tubuh, yang memiliki peranan penting dalam kinerja tubuh. Itu sebabnya, mengapa banyak orang yang rela melakukan cara apapun untuk menjaga kesehatan jantungnya. Sebab, penyakit jantung ini merupakan salah satu jenis penyakit yang paling mematikan di dunia.

Berdasarkan dari hasil survey, angka kematian akibat serangan jantung di dunia ini terbilang cukup tinggi lho. Menurutnya, 1 orang meninggal dunia akibat serangan jantung pada setiap harinya. Maka dari itu, sangat penting bagi kita untuk mengetahui tentang tips menjaga kesehatan jantung.

Nah, berbicara soal menjaga kesehatan jantung, berikut di bawah ini Millennial.web.id akan memberikan beberapa tips simplenya yang harus kamu ketahui:

1. Berolahraga Secara Rutin dan Teratur

Olahraga

Tips simple pertama yang bisa kamu lakukan untuk memelihara kesehatan jantung, yakni dengan berolahraga secara rutin dan teratur. Selain memelihara kesehatan jantung, kegiatan olahraga juga dapat mengurangi resiko penyakit diabetes, tekanan darah tinggi, kolesterol tinggi, dan menurunkan berat badan.

Bahkan yang lebih hebatnya lagi, kegiatan olahraga juga dapat mengeluarkan toksin atau racun dalam tubuh melalui keringat lho.

Tak perlu berlama-lama, dengan berolahraga selama 20 – 30 menit per harinya saja sudah cukup kok! Adapun mengenai berbagai jenis olahraga ringan yang bisa kamu lakukan seperti bersepeda, berenang, senam, jogging, jalan santai, aerobic, dan lain sebagainya.

2. Hindari Kebiasaan Merokok

Berhenti-merokok

Sejatinya ada tulisan mengenai bahaya dari merokok pada setiap bungkus rokok tersebut. Namun anehnya, tetap saja kita tak mempedulikan akan peringatan tersebut. Ya, salah satu bahaya dari kebiasaan merokok ini dapat memicu resiko penyakit jantung.

Mengapa bisa demikian? Pasalnya, kandungan zat kimia dan racun pada rokok ini bisa menyebabkan penyempitan arteri akibat penumpukan plak sehingga bisa menyebabkan serangan jantung.

3. Mengonsumsi Makanan yang Bagus untuk Jantung

Makan-sayur

Ada beberapa jenis makanan yang dapat meminimalisir resiko penyakit jantung seperti buah-buahan, sayuran, biji-bijian, dan kacang-kacangan. Tak hanya itu, ada juga jenis makanan lainnya yang bagus untuk kesehatan jantung seperti daging tanpa lemak, daging ikan, telur, dan produk susu yang rendah lemak.

Adapun mengenai berbagai jenis makanan yang harus dihindari seperti makanan yang terlalu gurih, makanan berlemak, gorengan, dan lain sebagainya.

4. Mencukupi Waktu Tidur

Tidur

Tips simple berikutnya yang bisa kamu lakukan untuk memelihara kesehatan jantung, yakni dengan mencukupi waktu tidur. Menurut informasi yang didapat, dalam hal ini kita dianjurkan untuk tidur selama 6 – 8 jam per harinya.

Bagaimana, sangat mudah dan simple kan? Itulah 4 tips menjaga kesehatan jantung, yang tentu saja wajib kamu coba.