manfaat-minum-air-hangat

Millennial.web.id – Seperti yang sudah kita ketahui, bahwa salah satu cara paling efektif untuk mengatasi masalah dahaga itu adalah dengan meminum air.

Ya, dengan meminum air, rasa dahaga dalam tubuh pun akan hilang seketika. Namun, tak sedikit dari masyarakat kita yang jarang meminum air putih hangat.

Padahal, meminum air putih hangat itu memiliki beragam manfaat untuk kesehatan tubuh lho. Lantas, seperti apa sajakah manfaatnya?

Nah, untuk mengetahui lebih jelasnya lagi mengenai manfaat minum air hangat, mari sama-sama kita simak saja langsung ulasannya di bawah ini:

1. Mampu Meredakan Sinus

Manfaat pertama dari meminum air putih hangat di pagi hari, yakni dapat meredakan sinus. Ya, di pagi hari biasanya kita mengalami kedinginan, sehingga hidung menjadi tersumbat dan sulit untuk bernafas.

Dengan meminum air putih hangat di pagi hari, maka lendir yang menyumbat pada saluran pernafasan akan mencair sehingga kamu bisa bernafas dengan lega.

Bahkan yang lebih hebatnya lagi, air putih hangat juga sudah terbukti efektif untuk meringankan gejala infeksi pernafasan lho.

2. Bagus Untuk Sistem Pencernaan

Selain dapat meredakan sinus, minum air putih hangat juga diyakini sangat bagus untuk sistem pencernaan. Mengapa bisa demikian?

Menurut para pakarnya, air putih memiliki efek vasodilator yang bekerja untuk melebarkan pembuluh darah dan menstimulasi aliran darah menuju usus, sehingga sangat membantu dalam proses kerja system pencernaan.

3. Dapat Mengemulsi Lemak Setelah Makan

Berdasarkan dari hasil penelitian, meminum air putih hangat setelah makan itu mampu mengemulsi lemak dalam tubuh.

Pasalnya, air putih mempunyai efek hidrasi lebih cepat sehingga sangat membantu mengemulsi lemak serta membuat makanan menjadi lebih mudah dicerna oleh tubuh.

Baca juga: Manfaat Kacang Tanah Untuk Ibu Hamil Trimester Pertama

4. Dapat Mengusir Rasa Pedas Lebih Cepat

Masih banyak yang beranggapan, bahwa cara yang paling cepat untuk mengusir rasa pedas dimulut itu adalah dengan meminum air dingin.

Justru, air dingin ini malah akan membuat mulut semakin panas lho! Nah, saat kamu merasa kepedasan, sebaiknya segera meminum air putih hangat.

Soalnya, pada makanan pedas itu terdapat senyawa capcaisin yang akan langsung larut oleh air hangat. Ya, dengan meminum air putih hangat, maka rasa pedasnya akan hilang dalam seketika.

5. Membersihkan Toksin Dalam Tubuh

Ini dia salah satu manfaat yang luar biasa dari minum air putih hangat. Menurut para peneliti, air putih hangat mampu membersihkan toksin atau racun dalam tubuh.

Mengapa demikian? Soalnya, suhu panas yang dihasilkan dari meminum air putih hangat ini mampu meningkatkan suhu tubuh sehingga akan memicu tubuh untuk mengeluarkan keringat lebih banyak lagi.

Nah, racun-racun dalam tubuh kita ini juga akan keluar melalui keringat tersebut. Untuk mendetoksifikasi tubuh, kamu bisa meminum air putih hangat yang dicampur dengan teh hijau atau cairan lemon.

6. Mampu Menurunkan Berat Badan

Manfaat berikutnya dari meminum air putih hangat yang harus kamu ketahui, yakni dapat menurunkan berat badan.

Dalam hal ini, sangat dianjurkan bagi kamu untuk meminum air putih hangat dan perasan air lemon setiap pagi, untuk meningkatkan metabolisme sehingga membantu tubuh agar membakar lebih banyak lagi kalori.

Itulah beberapa manfaat minum air hangat untuk kesehatan tubuh. Maka dari itu, kamu juga harus memperbanyak minum air putih hangat.

Baca juga: Manfaat Masker Kopi Untuk Wajah Beserta Cara Buatnya