cara-yang-benar-dalam-menjalani-gaya-hidup-sehat

Millennial.web.id – Percuma saja memiliki harta yang banyak, namun tidak memiliki tubuh yang sehat. Itu sebabnya, mengapa kesehatan merupakan harta yang tidak ternilai harganya. Berbagai cara pun telah kita lakukan baik secara medis dan non medis, untuk senantiasa menjaga kesehatan tubuh maupun mendapatkan kembali kesehatan. Bahkan, tak sedikit juga dari mereka yang rela mengeluarkan uang banyak untuk tetap hidup sehat.

Padahal, sejatinya menjalani hidup sehat itu tidaklah seribet yang kita bayangkan. Bahkan, gaya hidup sehat juga tidak harus selalu ditempuh dengan biaya mahal lho. Asalkan ada niat dan kemauan, kita pun bisa menjalani pola hidup yang sehat dengan mudah dan tanpa harus mengeluarkan biaya mahal. Nah, secara kebetulan juga, berikut di bawah ini ada 10 cara yang benar dalam menjalani gaya hidup sehat.

Cara yang Benar Dalam Menjalani Gaya Hidup Sehat 

1.Jangan Terlalu Memporsir Diri Pada Pekerjaan

Gila kerja merupakan sebuah istilah yang ditujukan pada seseorang, yang selalu memaksakan dirinya untuk terus bekerja. Padahal, hal tersebut sangatlah tidak bagus untuk kesehatan fisik maupun psikis lho. Sejatinya, orang dewasa itu setidaknya membutuhkan waktu istirahat tidur selama 7 – 8 jam perharinya. Jika kamu terbiasa kekurangan tidur, maka bukan tidak mungkin bisa memicu berbagai masalah kesehatan. 

2. Hindari Stress

Seperti yang sudah disebutkan pada ulasan diatas tadi, bahwa salah satu faktor yang bisa membuat stress itu akibat tekanan dalam pekerjaan. Guna meminimalisir atau menghindari stress, ada baiknya alihkan pikiranmu pada aktivitas yang menghibur seperti meluangkan waktu bersama keluarga, bermain dengan keluarga, menonton film, mendengarkan musik, dan lain sebagainya. 

3. Konsumsilah Makanan Yang Sehat dan Bergizi

Siapa bilang bahwa makanan-makanan yang sehat dan bergizi itu harus didapat dengan biaya mahal? Buktinya, ada banyak sekali jenis-jenis makanan yang sehat dan bergizi yang dijual dengan harga terjangkau lho. Ya, makanan-makanan tersebut diantaranya adalah sayuran berdaun hijau, buah-buahan, kacang-kacangan, umbi-umbian, tahu, tempe, dan masih banyak lagi.  

4. Memperbanyak Minum Air Putih

Ini dia salah satu cara paling mudah, murah, dan efektif dalam menerapkan gaya hidup sehat. Ya, terang saja demikian, sebab air putih ini sama sekali tanpa bahan pengawet. Bukan hanya itu, air putih juga mengandung molekul-molekul netral yang sangat diperlukan oleh tubuh lho. Menurut para pakar gizi, disarankan bagi kita untuk meminum air putih sebanyak 8 – 10 gelas per harinya. Apabila tubuh kekurangan cairan, maka tubuh kita akan mengalami dehidrasi dan proses pembuangan racun serta logam berat di dalam tubuh menjadi terhambat. Dengan memperbanyak mium air putih, maka tuibuhmu akan terasa lebih bugar dan berenergi untuk menjalani rutinitas. Oleh karena itu, sangat penting bagi kita untuk meminum air putih agar kesehatan tubuh senantiasa terjaga. 

5. Jangan Lupa Untuk Sarapan 

Sangat penting bagi kita untuk makan sarapan sebelum menjalankan aktivitas. Pasalnya, makanan dan minuman yang kita konsumsi saat sarapan itu berfungsi untuk menambah energy agar tubuh lebih semangat dalam menjalani rutinitas. 

6. Berolahraga Secara Rutin dan Teratur

Tips berikutnya yang bisa kamu lakukan dalam menjalani gaya hidup sehat, yakni dengan berolahraga secara rutin dan teratur. Pasalnya, kegiatan olahraga ini memiliki segudang manfaat untuk kesehatan tubuh. Tak perlu berlama-lama, kamu hanya perlu melakukan olahraga selama 15 – 30 menit perharinya. Adapun mengenai berbagai jenis olahraga ringan yang bisa kamu pilih seperti bersepeda, jalan santai, jogging, berenang, senam, dan lain sebagainya. 

7. Selalu Mencuci Tangan Setelah Beraktivitas

Banyak yang menganggap sepele akan kegiatan yang satu ini. Padahal, mencuci tangan setelah beraktivitas merupakan salah cara paling mudah dalam menerapkan gaya hidup sehat lho. Meski mudah dilakukan, namun selalu mencuci tangan setelah beraktivitas sangat efektif untuk membunuh kuman dan bakteri yang menempel pada tangan. Nah, agar bersihnya lebih maksimal, kamu juga harus mencuci tangan dengan air yang disertai sabun.  

8. Jangan Merokok

Seperti yang sudah kita ketahui, bahwa kebiasaan merokok itu sama sekali tidak ada manfaatnya bagi kesehatan tubuh. Bahkan, asap rokok ini justruakan menimbulkan berbagai masalah kesehatan. Tapi anehnya, tak sedikit dari masyarakat kita yang gemar melakukan kebiasaan buruk tersebut. Yang lebih menyedihkannya lagi, ternyata sebanyak 20% perokok aktif di Indonesia itu adalah anak-anak dibawah umur. Padahal, kebiasaan buruk yang satu ini sama sekali tidak memberikan dampak yang positif untuk kesehatan tubuh. Asap rokok tersebut akan memicu berbagai jenis penyakit serius seperti hipertensi (darah tinggi), serangan jantung, kanker, gangguan pada janin, merusak paru-paru, dan masih banyak lagi. 

Sedari itu, sangat penting bagi kita untuk segera meninggalkan kebiasaan buruk merokok. Jikapun tidak bisa langsung berhenti, mungkin kamu bisa menguranginya. Contohnya, apabila kamu biasa menghabiskan 1 bungkus rokok dalam sehari, maka mulai sekarang cukup 1 – 3 batang rokok saja per harinya. Lambat laun, kamu akan berhasil untuk meninggalkan kebiasaan buruk tersebut. 

9. Hindari Minuman-minuman Bersoda dan Beralkohol

Berdasarkan dari hasil penelitian, yang menyebutkan bahwa minuman bersoda mengandung pemanis buatan yang cukup tinggi sehingga sangat tidak bagus untuk kesehatan tubuh. Apabila pemanis buatan yang terus menumpuk di dalam tubuh, maka kamu akan terkena masalah obesitas atau kelebihan berat badan lho! Jika berat badanmu over, secara otomatis tubuhmu akan rentan terhadap penyakit diabetes. Begitu pula dengan minuman beralkohol yang jauh lebih menakutkan ketimbang minuman bersoda. Bagaimana tidak, sebab minuman beralkohol ini dapat mengundang penyakit tumor hati, darah tinggi, merusak ginjal, dan penyakit serius lainnya. 

10 Menghirup Udara Bersih

Cara terakhir yang bisa kamu lakukan untuk menerapkan gaya hidup sehat, yakni dengan menghirup udara bersih. Kamu pun tidak perlu pergi jauh-jauh ke daerah pedesaan hanya untuk mendapatkan udara yang bersih. Dalam hal ini, kamu hanya perlu bangun di pagi hari untuk mendapatkan udara segar. Kenapa harus di pagi hari? Soalnya, udara di pagi hari itu masih bersih karena belum tercemar oleh polusi. saat kamu bangun tidur, sebaiknya buka jendela kamarmu lalu hirup udara pagi yang masih segar tersebut. Menurut kabar yang beredar, udara segar di pagi hari itu sangat bagus untuk  organ pernafasan. Bukan hanya itu, oksigen yang kamu hirup itu juga dapat membuat tubuh menjadi lebih fresh dan berenergi. 

Kamu juga jangan sampai lupa untuk selalu membersihkan udara di rumah, mulai dari membersihkan kipas angin, AC, hingga perabotan yang berdebu dan lain sebagainya. Selain itu, hindari juga berbagai jenis polusi udara lainnya seperti asap rokok, asap kendaraan, asap polusi pabrik, dan lain sebagainya. 

Nah, itulah 10 cara yang tepat dan benar dalam menjalankan pola hidup sehat, yang tentu saja harus kamu praktekkan sendiri. 

Baca Juga : 10 Cara Simple Dalam Menerapkan Gaya Hidup Sehat