cara-menghilangkan-flek-hitam-secara-alami

Millennial.web.id – Selain masalah jerawat dan kulit kusam, salah satu masalah kulit lainnya yang dialami oleh wanita adalah flek hitam.

Flek hitam muncul pada wajah seseorang karena wajah mereka sering terpapar sinar matahari. Hal tersebut karena sinar ultraviolet pada matahari meningkatkan produksi sel melanosit yang menghasilkan pigmen melanin.

Mengapa bagian tubuh lain seperti badan atau punggung jarang terkena flek hitam? Karena bagian tubuh tersebut tertutupi oleh pakaian sehingga tidak terkena langsung sinar matahari.

Untuk itu jika kamu yang tidak percaya diri akibat flek hitam pada wajah dan ingin menghilangkan secara alami, kami akan berikan tips cara menghilangkan flek hitam secara alami dan ampuh.

Cara yang akan kami berikan sangat mudah dan praktis. Simak ya girls!

1. Masker lidah buaya

Tanaman yang satu ini memang dikenal untuk perawatan wajah yang ampuh. Banyak produsen kecantikan menggunakan lidah buaya sebagai bahan dasar perawatan wajah.

Manfaat dari lidah buaya yaitu mampu melembabkan dan menghaluskan wajah karena mengandung antioksidan untuk menangkal radikal bebas.

Penggunaannya cukup mudah, kupas lidah buaya lalu ambil daging yang berbentuk gel lalu gunakan gel tersebut sebagai masker.

Biarkan selama 15-30 menit lalu bilas dengan air bersih. Lakukan perawatan ini secara rutin untuk hasil yang maksimal.

2. Menggunakan Pepaya sebagai masker

Buah papaya selain untuk melancarkan pencernaan, ternyata buah papaya bisa menghilangkan flek hitam di wajah. Papaya mempunyai khasiat yaitu mampu membersihkan sel kulit mati pada wajah dan mencerahkan kulit wajah.

Cara penggunaan papaya yaitu jadikan sebagai masker dengan mengambil daging buah papaya yang matang lalu tumbuk hingga menjadi bubur.

Setelah itu, oleskan adonan papaya kepada wajah dan flek hitam. Biarkan selama kurang lebih 30 menit lalu bilas hingga bersih dengan air. Lalukan perawatan tersebut 3 kali dalam seminggu untuk hasil yang maksimal.

3. Menggunakan Lemon atau Jeruk Nipis

Lemon dan jeruk nipis adalah buah yang kaya akan vitamin C dan kita tahu vitamin C selain sehat untuk dikonsumsi, banyak digunakan sebagai bahan untuk kecantikan wajah.

Vitamin C berkhasiat untuk mencegah penuaan dini, mencerahkan wajah, menangkal radikal bebas dan mampu menghilangkan flek hitam akibat sinar matahari.

Caranya sangat mudah yaitu siapkan lemon atau jeruk nipis lalu dibuat jus. Setelah itu ambil airnya lalu gunakan kapas untuk celupkan jus tersebut dan tempelkan pada wajah yang mengalami flek hitam.

Setelah itu diamkan selama 10 menit lalu bilas dengan air. Gunakan secara rutin untuk hasil yang maksimal.

Baca juga: Manfaat Masker Kopi Untuk Wajah Beserta Cara Buatnya

4. Menggunakan kentang sebagai masker

Kentang merupakan sayuran yang selalu digunakan untuk memasak. Akan tetapi kentang ternyata memiliki kandungan yang ampuh untuk menghilangkan flek hitam di wajah.

Selain itu kentang mampu mengangkat sel kulit mati, melembabkan kulit dan mencerahkan kulit. Caranya yaitu gunakan kentang sebagai masker dengan iris tipis-tipis kentang lalu letakan irisan tersebut pada wajah dan diamkan selama 20 menit. Setelah itu cuci wajah hingga bersih menggunakan air hangat.

5. Menggunakan masker oatmeal

Oatmeal adalah bahan makanan yang selalu disantap ketika pagi hari sebagai sarapan atau makanan bagi yang sedang diet.

Oatmeal tidak hanya sehat ketika dikonsumsi loh, ternyata bahan makanan ini bisa mampu menghilangkan flek hitam di wajah.

Caranya yaitu sediakan oatmeal lalu tumbuk hingga halus dan campurkan dengan lemon hingga menjadi pasta. Setelah itu gunakan adonan pasta tersebut menjadi masker di wajah.

Diamkan selama 20 menit lalu bilas dengan air hangat. Gunakan secara rutin untuk mendapatkan kulit wajah cerah dan menghilangkan flek hitam.

Itulah beberapa cara menghilangkan flek hitam secara alami di wajah. Semoga artikel ini bermanfaat. Terima kasih.

Baca juga: Ini Dia Manfaat Minum Air Hangat untuk Kesehatan Tubuh