tips anak betah dirumah

Millennial.web.id – Bagi pasangan suami istri yang sudah menikah tentunya selalu mendamba-dambakan untuk segera mempunyai seorang anak. Apalagi bagi pasangan suami istri yang sudah lama menikah namun belum juga dikaruniai anak.

Dan setelah memiliki anak, tentunya sebagai orang tua akan merasa bahagia karena akhirnya akan ada penerus keluarga, dan yang akan mendoakan setelah kita meninggal dunia.

Seiring dengan perjalanan waktu anak dari hari ke hari akan bertambah besar, dan semakin aktif pula dalam melakukan segala sesuatu. Bahkan banyak anak yang justru lebih banyak bermain di luar daripada di rumah.

Memang bermain di luar itu sangat baik bagi perkembangan anak, terutama dalam melatih sistem motorik serta perkembangan sosial anak. Karena dengan bermain di luar anak bisa bermain dengan anak-anak lainnya yang sebaya.

Namun banyak bermain di luar juga ada sisi negatifnya, karena orang tua tidak bisa mengontrol anak di luar rumah, apakah anak bermain dengan temannya yang baik-baik atau sebaliknya sehingga anak akan terpengaruh dengan hal-hal yang tidak baik tersebut.

Nah untuk itulah, sebagai orang tua harus membuat cara bagaimana supaya anak bisa betah di rumah dan tidak sering keluar rumah.

Oleh karena itu, dalam artikel kali ini akan membahas tentang Beberapa tips supaya anak betah di rumah sebagai berikut ini:

1. Siapkan Mainan Anak Di Rumah

tips anak betah dirumah

Pada usia anak, tentunya mereka akan suka dengan mainan. Oleh sebab itu sebagai orang tua harus menyiapkan mainan anak, tentunya mainan yang disukai oleh anak dan sesuai dengan jenis kelaminnya.

Misalnya, kalau anak laki-laki, mainan yang harus disiapkan seperti pistol-pistolan, mobil-mobilan, robot-robotan, dan lain sebagainya.

Dan kalau anak perempuan, mainan yang harus disediakan seperti boneka, perabotan dapur mainan, dan lain sebagainya. Dengan disediakannya mainan tersebut, diharapkan si anak akan menjadi lebih betah untuk bermain di rumah.

Baca Juga: Sejarah Musik Keroncong Indonesia

2. Siapkan Makanan Kesukaannya

Makan

Setelah menyiapkan mainan, langkah selanjutnya supaya anak betah di rumah adalah orang tua harus selalu menyiapkan makanan kesukaan anak.

Dengan menyediakan makanan kesukaan anak, diharapkan si anak menjadi betah di rumah, dan tidak sering jajan diluar. Karena kita tahu, saat ini banyak sekali jajanan anak yang tidak sehat di luaran sana.

 

3. Ciptakan Kondisi Yang Nyaman Dan Aman Bagi Anak

Teknik-Mendidik-Ala-Zaman-Sekarang

Salah satu faktor yang membuat anak menjadi tidak betah di rumah adalah karena si anak tidak merasa nyaman pada saat berada di dalam rumah tersebut.

Rasa tidak nyaman ini mungkin bisa disebabkan oleh perilaku orang tuanya yang tidak baik, misalnya sering terjadi pertengkaran antara ayah dan bunda di depan anak, sehingga anak menjadi risi dan tidak nyaman.

Untuk itulah kita sebagai orang tua harus menciptakan rasa aman dan nyaman di dalam rumah, sehingga anak menjadi lebih betah tinggal di rumah.

Mungkin itu saja beberapa tips yang bisa disampaikan semoga ada guna dan manfaatnya bagi anda semua, khususnya bagi para orang tua yang memiliki anak.