Kebiasaan mudik masyarakat indonesia tentu sudah terjadi semenjak dari dulu dan tentunya kebiasaan tersebut sudah mendarah daging dan menjadi sebuah tradisi yang memang sulit untuk dihilangkan sampai dengan sekarang ini. Mudik biasanya dilakukan setidaknya satu minggu sampai dengan 3 hari sebelum lebaran tiba.

Namun ada juga yang memiliki satu hari sebelum lebaran karena dengan alasan waktu cuti atau libur, serta menghilangkan kemacetan yang terlalu penuh.

Nah, mendekati puasa dan lebaran seperti sekarang ini tentunya sudah ada persiapan mudik yang pastinya sudah anda siapkan bukan.

Untuk itu dalam ulasan kita kali ini Millennial.web.id akan memberikan tips mudik lebaran dengan aman:

Mudik

Booking tiket dari jauh hari

Seperti yang biasa dilakukan  pada tahun- tahun sebelumnya, hal pertama yang perlu anda lakukan adalah dengan booking atau beli tiket dari jauh- jauh hari. Biasanya transportasi seperti kereta, pesawat dan juga memang sudah membuka pelayanan tiket mudi bahkan semenjak H-90 untuk itu jangan sia- siakan kesempatan yang satu ini.

Dengan memilih membeli tiket dari jauh hari juga bisa meminimalisir terjadinya kehabisan tiket yang bisa saja menyebabkan anda gagal mudik dan bertemu dengan keluarga.

Untuk itu memang sebaiknya beli tiket setidaknya satu bulan sebelum waktu keberangkatan. Sehingga nantinya anda pun bisa menyiapkan persiapan lainnya yang jauh lebih penting.

Dokumentasikan perjalanan anda

Tentunya setiap moment mudik dna bertemu dengan keluarga tercinta di kampung halaman merupakan moment yang tidak bisa terlupakan. Karena hal tersebut tidak terjadi setiap hari dan hanya berlangsung selama 1 kali dalam setahun.

Untuk itu lakukan persiapan untuk bisa mendokumentasikan semua hal tersebut. Misalnya dengan menyiapkan kamera dan juga jaringan internet terbaik.

Pilih tipe jaringan yang kuat dan bisa menjangkau hampir semua daerah. Sehingga anda akan jauh lebih mudah update perjalanan mudik anda di media sosial.

Jangan menggunakan perhiasan terlalu mencolok

Yang perlu anda perhatikan disini juga adalah mengenai penggunaan perhiasan yang sebaiknya jangan terlalu mencolok.

Seperti kita ketahui, yang namanya kejahatan bisa terjadi dimana saja dan kapan saja. Untuk itu sebaiknya jangan sampai anda menjadi sasaran kejahatan berikutnya.

Apalagi di musim mudik biasanya akan ada banyak orang yang berpikir dangkal untuk bisa mendapatkan uang lebih, salah satunya dengan berbuat kejahatan.

Nah, untuk meminimalisir segala hal yang bisa terjadi, alangkah baiknya anda simpan semua perhiasan anda terlebih dahulu, jangan sampai nantinya menjadi sasaran empuk para penjahat

Jaga kondisi tubuh

Untuk yang terakhir ini pasti akan sangat penting. Karena ketika kita mudik, waktu yang biasanya dicapai untuk bisa datang ke sebuah kota atau kampung halaman kita yang tadinya hanya beberapa jam saja, namun jika musim mudik bisa mencapai dua kali lipat waktunya.

Untuk itu yang perlu disiapkan selain obat- obatan. Anda juga perlu menjaga kondisi tubuh anda. apalagi ketika waktu tersebut pasti anda sedang berpuasa, dan kondisi tubuh sedang lemas karena harus menahan lapar dan haus sampai berbuka.

Nah, berikut tips mudik lebaran yang bisa anda lakukan nantinya ketika akan berkunjung dan pulang ke kampung halaman. Persiapkan semuanya dengan matang, agar mudik anda semakin berkesan.