Teknologi dalam beberapa dekade terakhir ini sudah semakin canggih saja dan perkembangannya sangat pesat. Semakin canggihnya teknologi bagi kehidupan manusia memang akan memberikan banyak manfaat positifnya. Namun, kemajuan teknologi ini seperti pisau bermata dua, dalam arti selain akan memberikan dampak yang positif tetapi juga dampak negatif. Seseorang yang kecanduan bermain game online merupakan salah satu dampak negatif dari kemajuan teknologi ini.

Game online merupakan salah satu pilihan tepat yang biasanya akan dilakukan seseorang sebagai selingan untuk menghilangkan kepenatan. Kecanduan adalah hal yang buruk, karena jika  terus menerus bermain maka kita akan kehilangan banyak waktu dan juga uang. Karena sebenarnya waktu dan uang yang dikeluarkan untuk bermain game online itu bisa digunakan untuk melakukan hal hal yang lebih bermanfaat.

Ketika kita bermain game semalaman mungkin saja kita akan telat bangun keesokan paginya, sehingga mengakibatkan kita berangkat kesiangan dan akan mendapat teguran dari atasan, atau tidak kerja tidak akan konsentasi karena mengantuk, atau bahkan yang lebih buruknya akan sering tidak masuk kerja. Lalu bagaimana caranya agar bisa berhenti dari kebiasaan main game online ini? Berikut tips agar bisa berhenti dari kebiasaan main game online diantaranya yaitu :

Dengan Mengubah Pola Pikir

Ketika kita menyadari jika kita kecanduan permainan daring maka sebaiknya pola pikir harus dirubah. Mengubah pola pikir disini berarti adalah mulai serius untuk memikirkan dengan apa yang menjadi tujuan jangka panjang kita, misalnya dengan mengatakan pada diri kita tentang apa yang ingin dicapai untuk 5 tahun kedepan. Karena ketika target sudah ditetapkan dari sekarang maka diri kita akan menyadari jika terus menerus hanya bermain game online saja, maka waktu akan terbuang dengan percuma dan itu hanya akan menjadi penghalang untuk mencapai apa yang sudah menjadi tujuan hidup untuk jangka panjang.

Dengan Berhenti Menjadi Sang Perfectionist

Berbagai tantangan yang ada dalam sebuah permainan daring itu tidak bisa dipungkiri akan membuat seseorang yang sedang memainkannya untuk segera menyelesaikan degan secepatnya, sehingga hal ini akan membuat waktu habis hanya untuk segera menyelesaikan game itu. hal ini harus segera diatasi dengan cara cobalah berpikir apakah akan ada keuntungannya untuk diri kita jika segera menyelesaikan sebuah game online dengan cepat. Padahal waktu yang terbuang untuk bermain game itu bisa dimanfaatkan untuk melakukan aktivitas positif yang akan dapat memberikan keuntungan.

Itulah tips agar bisa berhenti dari kebiasaan main game online. Selain itu juga kita bisa dengan membatasi waktu bermain game online. Misalnya saja secara bertahap mengurangi intensitas waktu untuk bermain game seperti jika setiap minggunya kita akan bermain game selama 20 jam maka kurangilah menjadi 18 jam, lalu minggu berikutnya dikurangi menjadi 16 jam lalu minggu berikutnya menjadi 14 jam dan begitu seterusnya. Sehinga nantinya intensitas bermain game online secara wajar akan dapat kita jalankan.