Desain-Rumah-Minimalis

Pada era modern seperti sekarang ini, tampaknya sebagian besar masyarakat kita lebih tertarik pada desain rumah minimalis. Ya, terlebih bagi mereka yang tinggal dikota-kota besar seperti Jakarta, Bandung, Surabaya, dan sebagainya.

Selain dikarenakan lebih ekonomis, tipe rumah minimalis juga menghadirkan suasana yang simple namun elegan. Bahkan, tipe rumah minimalis ini tidak terlalu memakan banyak lahan tanah.

Tapi sayangnya, ternyata masih ada sebagian dari kita yang kerap melakukan kesalahan dalam medekorasi rumah minimalis.

Nah, bagi kalian yang belum tahu tentang cara mendekorasi rumah minimalis dengan benar, mari kita simak saja langsung pemaparannya dibawah ini :

1. Bentuk Dasar Geometris Sebagai Karakter Rumah Minimalis

Bentuk-Dasar-Geometris

Tipe rumah minimalis biasanya akan mengoptimalkan bentuk-bentuk dasar geometris, yang tidak akan melibatkan hiasan dan penambahan bentuk yang sekiranya tidak perlu. Jika dilihat secara keseluruhan, tampilan bangunannya tampak lebih murni dan minimalis dengan bentuk geometris yang lebih simple.

Setiap bentuknya akan menonjolkan pada hal-hal yang memiliki sifat fungsional dan esensial seperti bentuk denah, bentuk massa bangunan, bentuk pintu, dan deret jendela kotak-kotak yang tampak mendominasi tipe rumah minimalis.

2. Kesederhanaan Yang Dinamis

Kesederhanaan-Yang-Dinamis

Pada setiap bentuk fungsional yang ada, maka akan berpadu dengan harmonis agar dapat menciptakan kedinamisan. Meski pada dasarnya memanfaatkan bentuk dasar geometris dengan bahan-bahan sederhana, tapi desain rumahnya dapat memberikan tampilan yang begitu dinamis dengan pengulangan struktur yang menjadi ciri khasnya.

Baca juga: Inilah Cara Yang Benar Dalam Menata Desain Rumah Minimalis

3. Tidak Membutuhkan Dinding Penyekat (Dinding Pembatas)

Tidak-Membutuhkan-Dinding-Penyekat

Seperti yang sudah disebutkan pada ulasan diatas tadi, bahwa tipe rumah minimalis akan memfokuskan pada dasar geometris, sehingga tidak membutuhkan penambahan hal yang tidak perlu. Ya, salah satunya adalah dinding penyekat atau dinding pembatas, yang memang tidak dibutuhkan dalam tipe rumah minimalis.

Dengan tidak adanya dinding pembatas, maka akan tercipta sebuah kesinambungan fungsi antara interior dan eksterior yang ada. Selain itu, hal ini juga bertujuan agar tercipta kedekatan ruang di dalam rumah dan area di sekitarnya.

4. Garis Vertikal dan Horizontal Yang Mendominasi

Garis-Vertikal-dan-Horizontal-Yang-Mendominasi

Garis vertical dan horizontal merupakan bentuk dasar dua dimensi dan tiga dimensi, yang pada umumnya akan mendominasi desain rumah minimalis. Mulai dari pola ruangan, bentuk ruangan, desain furniture, ekspos structural, facade, sampai bentuk massa bangunan.

5. Penggunaan Cat Tembok Dengan Warna Netral

Penggunaan-Cat-Tembok-Dengan-Warna-Netral

Salah satu jenis warna netral yang pada umumnya diapakai untuk tipe rumah minimalis, yakni berupa warna putih. Mengapa demikian? Pasalnya, warna putih ini mampu menyajikan kesan simple dan elegan, sehingga tampak lebih padu dengan desain rumah minimalis.

Itulah beberapa cara yang benar dalam mendekorasi rumah minimalis, dan selamat mencobanya. Bagi kalian yang ingin update informasi menarik, berita terkini dan berita terbaru terus kunjungi Millenial.web.id.