3-Aplikasi-Membuat-CV-Online-TermudahPasti-di-Lihat-HRD

CV atau Daftar Riwayat Hidup merupakan dokumen yang berisi gambaran tentang pengalaman kerja serta kualifikasi dari seorang pelamar. Pada saat kamu akan melamar pekerjaan, CV merupakan komponen utama yang dilihat oleh Human Resource Department (HRD). HRD atau team recruitmen tidak hanya akan memperhatikan isinya saja tetapi juga keseluruhan dari CV. 

Biasanya semakin menarik isi sebuah CV maka akan semakin besar juga peluang pencari kerja untuk bisa direkrut oleh perusahaan. Kini untuk membuat CV secara online, kamu tidak perlu lagi repot repot mendesain serta mengatur format karena didalam aplikasi pembuat CV online telah disediakan template atau contohnya. 

Berikut dibawah ini ada beberapa aplikasi yang bisa kamu gunakan untuk membuat CV online dengan mudah dan gratis, diantaranya yaitu :

1. Canva

Aplikasi Canva bisa kamu gunakan untuk membuat CV online secara gratis. Di aplikasi ini tersedianya banyak template buatan desainer yang bisa disesuaikan dengan CV kamu. Untuk membuat CV online dengan Canva, kamu tidak perlu mengunduhnya. Pasalnya kamu bisa langsung membuat CV dengan membuat akun di laman canva.com.

Meski begitu, kamu harus tetap mengunduh aplikasinya di PlayStore ataupun AppStore. Jika kamu telah memiliki akun Canva, maka bisa langsung membuat CV dengan cara sebagai berikut :

  • Memilih dari pustaka kamu atau melalui 1000 template daftar riwayat hidup buatan desainer, atau mendesain mulai dari awal dengan template A4 kosong. 
  • Klik kotak teks untuk menambahkan dengan mudah pengalaman professional kamu. 
  • Menyesuaikan warna, font, serta tata letak menurut preferensi kamu. 
  • Setelah selesai, kamu tinggal mengunduh CV lamaran kerja dalam format apa saja, sematkan secara online atau mencetaknya. 

Baca juga : 20 Kata Kata Motivasi Kerja Agar Menjadi Pekerja yang Baik

2. BikinCV

BikinCV merupakan sebuah platform yang bisa digunakan untuk membuat CV atau Curriculum Vitae secara online dengan cepat dan praktis. Kamu hanya tinggal mengisi data dengan lengkap lalu download CV dalam bentuk PDF. Selain itu juga disediakannya berbagai template menarik yang bisa digunakan untuk CV kamu. 

Cara mudah membuat CV online di BikinCV adalah sebagai berikut :

  • Login terlebih dahulu ke dashboard BikinCV pada laman www.bikincv.com
  • Setelah selesai login, tinggal mengisi data. Lengkapi form Daftar Riwayat Hidup serta semua hal yang ingin ditampilkan.
  • Setelah itu pilih desain yang sesuai dengan keinginanmu. 
  • Setelah selesai semua tahapannya, kamu bisa langsung mendownload CV melalui dashboard. 

3. Kickresume

Didalam aplikasi Kickresume tersedianya berbagai pilihan desain template yang bisa digunakan pada CV yang akan dibuat. Untuk bisa membuat CV online di Kickresume, kamu hanya perlu membuat akunnya terlebih dahulu di https://www.kickresume.com/login/. Setelah itu isi data diri dengan lengkap. 

Sebagai informasi tambahan, adanya beberapa hal yang harus diperhatikan saat kamu akan membuay CV, seperti diantaranya :

  • Pastikan kamu sudah tahu tentang CV yang akan ditulis. Kamu harus bisa menilai diri sendiri itu seperti apa. Pastikan CV yang dibuat telah sesui dengan diri kamu.
  • Membuat file CV dalam bentuk PDF. Penggunaan format PDF ini dirasa lebih aman, pasalnya bisa terhindar dari kemungkinan pemalsuan dokumen. 
  • Ukurannya jangan terlalu besar. Sebaiknya kamu menggunakan file CV dengan ukuran kurang lebih 2 MB. 
  • Menulis informasi dengan baik dan detail. HRD membutuhkan informasi yang lebih mendalam. Oleh karena itu sertakan penjelasan yang baik dalam CV yang dibuat. 
  • Menyertakan informasi kontak dengan lengkap. Penting untuk kamu menyertakan nomor telepon, alamat sosial media dan alamat rumah untuk mempermudah HRD menghubungi pelamar. 
  • Menggunakan foto yang benar. Gunakan foto terbaru dengan kualitas yang baik. 

Baca juga : Tips dan Contoh Membuat CV Yang Benar