25-nama-nabi-dan-rasul

Millenial.web.id – Seluruh umat beragama pasti diwajibkan untuk mendalami segala seluk beluk tentang agama yang dianut, tak terkecuali bagi seorang umat Muslim. Sebagai seorang penganut agama Islam yang baik dan benar, kita diwajibkan untuk mengetahui dasar-dasar agama Islam, mematuhi perintah serta larangan yang disebutkan dalam kitab, serta meneladani sifat baik dari kisah-kisah Nabi dan Rasul. Khususnya dalam meneladani kisah nabi dan rasul, kita harus mengenali terlebih dahulu 25 nama nabi dan rasul yang terdapat di kitab agama Islam.

Pengertian Nabi dan Rasul

Sebelum mengetahui 25 nama nabi dan rasul yang terdapat di dalam agama Islam, kita harus mengetahui terlebih dahulu perbedaan antara Nabi dan Rasul.

Nabi dalam bahasa Arab memiliki arti “Naba” yaitu “dari tempat yang tinggi”. Secara bahasa, Nabi adalah seseorang yang ditinggikan derajatnya oleh Allah SWT. Seorang nabi dipercaya oleh Allah SWT untuk menerima wahyu dari-Nya dan wahyu tersebut diberikan hanya untuk dirinya sendiri tanpa ada sebuah kewajiban untuk menyebarkannya kepada orang banyak.

Sedangkan rasul, dalam bahasa Arab disebut sebagai “Risala” yang artinya “penyampai”. Yang membedakan antara Nabi dan Rasul adalah, seorang rasul menerima wahyu dari Allah SWT dan memiliki kewajiban untuk menyebarkan dan mengajarkan wahyu tersebut kepada banyak orang.

Baca juga: Batasan Aurat Wanita dalam Islam, Bagai Perhiasan yang Wajib Ditutup

25 Nama Nabi dan Rasul dalam Agama Islam

Jumlah nabi yang disebutkan dalam Al Qur’an dan diketahui adalah sebanyak 25 Nabi, namun sejatinya tidak hanya terdapat 25 Nabi saja melainkan 124.000 Nabi. Dan tidak hanya terdapat 25 Rasul saja melainkan 313 Rasul. Namun jumlah yang wajib kita ketahui dan imani adalah sebanyak 25 Nabi dan Rasul. Sekarang, mari kita bahas satu persatu 25 nama nabi dan rasul tersebut bersama dengan kisah singkatnya.

25-nama-nabi-dan-rasul
25 Nama Nabi dan Rasul

1. Nabi Adam AS: Nabi Adam AS merupakan manusia pertama yang diciptakan oleh Allah SWT di muka bumi dari segumpal tanah. Awal kehidupan manusia bermula dari Nabi Adam dan ia lah khalifah pertama yang muncul di muka bumi.

2. Nabi Idris AS: Nabi Idris AS merupakan keturunan ke-enam Nabi Adam AS, dan beliau merupakan nabi pertama yang diangkat Allah SWT dari garis keturunan Nabi Adam AS.

3. Nabi Nuh AS: Nabi Nuh AS adalah nabi yang memiliki banyak mukjizat dalam hidupnya. Dimana salah satunya adalah ia diberikan petanda untuk menyiapkan sebuah bahtera kapal yang besar untuk menyelamatkan umatnya yang setia kepadanya dari musibah banjir bandang yang akan Allah SWT datangkan bagi orang-orang kafir.

4. Nabi Hud AS: Nabi Hud AS adalah nabi yang diutus untuk mengajak kaum Aad untuk berhenti menyembah berhala dan mengajak mereka untuk menyembah Allah SWT.

5. Nabi Saleh AS: Nabi Saleh AS adalah nabi yang diberikan Allah SWT mukjizat berupa seekor unta betina yang tiba-tiba muncul dari celah batu untuk dijadikannya sebagai bekal berdakwah.

6. Nabi Ibrahim AS: Nabi Ibrahim AS adalah salah satu nabi yang diberikan banyak mukjizat oleh Allah SWT. Dimana ketika ia mengajak kaum Raja Namrud untuk berhenti menyembah berhala dan ia akan dibakar hidup-hidup atas perlawanannya, tak sedikitpun dari api tersebut yang membakar tubuhnya. Serta Nabi Ibrahim AS juga diberikan mukjizat lainnya berupa menghidupkan kembali seekor burung yang telah mati dan merubah pasir menjadi sebuah makanan.

7. Nabi Luth AS: Nabi Luth AS merupakan keponakan dari Nabi Ibrahim AS. Dimana semasa hidupnya, Nabi Luth AS harus berhadapan dengan kaum Sodom dan Gomorrah yang memiliki perilaku seks menyimpang. Sebelum azab hujan batu yang diturunkan oleh Allah SWT, Nabi Luth AS diselamatkan terlebih dahulu.

8. Nabi Ismail AS: Nabi Ismail AS adalah putra dari Nabi Ibrahim AS dan Siti Hajar. Beliau bersama-sama membangun Ka’bah dengan ayahnya yang saat ini menjadi pusat peribadatan kaum muslim di seluruh dunia. Mukjizat yang diturunkan oleh Allah SWT kepada Nabil Ismail AS adalah keselamatan ketika ayahnya (Nabi Ibrahim AS) diminta untuk menyembelih dirinya.

9. Nabi Ishaq AS: Nabi Ishaq AS merupakan adik dari Nabil Ismail AS. Mujizat yang diturunkan kepada Nabi Ishaq AS adalah berupa dikabulkan do’anya untuk mendapatkan karunia berupa anak dari istrinya Rafqah yang sempat disebut mandul dan tidak bisa mengandung seorang anak.

10. Nabi Ya’qub AS: Nabi Ya’qub AS merupakan anak dari Nabi Ishaq AS. Nabi Ya’qub AS juga disebut sebagai kakek moyang bagi para rasul. Ia memiliki sikap serta perilaku yang berpengaruh besar bagi para keturunannya.

11. Nabi Yusuf AS: Nabi Yusuf AS merupakan anak ke-12 Nabi Ya’qub bin Ishaq AS. Mukjizat yang dimiliki Nabi Yusuf AS adalah memiliki kelebihan yang mampu menafsirkan mimpi, kecakapan paras yang luar biasa,

12. Nabi Ayyub AS: Nabi Ayub AS bisa dikatakan sebagai satu di antara nabi tersabar yang pernah ada. Kehidupannya penuh kebaikan dan kaya raya. Allah SWT mengujinya melalui penderitaan panjang dengan penyakit kulit hingga hartanya habis, namun dari cobaan tersebut Nabi Ayyub AS tetap taat kepada Allah SWT.

13. Nabi Syu’aib AS: Nabi Syu’aib AS diutus untuk kaum Madyan dan Aikah, namun kaum ini tetap ingkar dan menolak ajakan Nabi Syu’aib As untuk menyembah kepada Allah SWT. Atas kuasa Allah SWT, diturunkanlah musibah yang sangat besar atas kaum tersebut dan Nabi Syu’aib AS diselamatkan darinya.

14. Nabi Musa AS: Nabi Musa AS dilahirkan di Kota Mesir ketika masa pemerintahan Raja Fir’aun. Kisah Beliau paling terkenal adalah ketika tongkat Nabi Musa As mampu membelah lautan ketika dikejar oleh Raja Fir’aun. Ia juga adalah salah satu nabi yang menentang keras penyembahan berhala semasa masa pemerintahan raja yang berkuasa.

15. Nabi Harun AS: Nabi Harun AS adalah saudara Nabi Musa AS yang membantunya berdakwah untuk mengingatkan kemusyrikan Raja Fir’aun. Beliau dikaruniai kemampuan berbahasa yang luar biasa.

16. Nabi Zulkifli AS: Nabi Zulkifli AS adalah satu di antara utusan Allah SWT yang terkenal dengan kesabaran serta sifatnya yang dermawan.

17. Nabi Daud AS: Nabi Daud memiliki mukjizat berupa kitab Zabur dan merupakan salah satu nabi dengan Ulul Azmi. Selain itu, beliau juga memiliki kemampuan dapat berkomunikasi dengan burung, memiliki suara merdu dan bisa melunakkan besi dengan tangan kosong.

18. Nabi Sulaiman AS: Mukjizat yang diberikan kepada Nabi Sulaiman AS adalah kemampuannya berbicara dengan binatang dan memindahkan batu yang luar biasa berat dan besar Satu di antara mukjizat Nabi Sulaiman As adalah bisa bicara dengan binatang.

19. Nabi Ilyas AS: Nabi Ilyas AS merupakan utusan Allah SWT bagi kaum Bani Israil yang gemar menyembah patung yang diberi nama Ba’al. Selain itu Nabil Ilyas AS juga memiliki kemampuan untuk mendatangkan hujan di tengah kemarau yang amat panjang.

20. Nabi Ilyasa AS: Nabi Ilyasa AS diutus oleh Allah SWT pada kaum Bani Israil dan Arami supaya mereka mau kembali ke jalan yang benar, yakni di jalan Allah SWT. Selain itu ia diberikan mukjizat berupa kemampuan berbicara ketika ia masih bayi, dapat menghidupkan burung dari tanah liat atas izin Allah SWT dan juga menurunkan makanan dari langit untuk membuktikan kuasa Allah SWT kepada kaum Bani Israil dan Arami yang masih ingkar.

21. Nabi Yunus AS: Salah satu kisah Nabi Yunus AS yang paling terkenal adalah selamatnya ia setelah ditelan oleh ikan paus dan hidup di dalam perut ikan tersebut selama beberapa waktu. Kisahnya, ikan paus tersebut masih hidup hingga kini.

22. Nabi Zakaria AS: Hampir sama seperti Nabil Ishaq AS, Nabi Zakaria AS diberikan mukjizat oleh Allah SWT berupa karunia seorang keturunan di usianya yang ke-100 tahun. Dimana istrinya yang bernama Isya adalah seorang wanita mandul. Atas kesetiaannya terus berdo’a kepada Allah SWT, ia mendapatkan keturunan yaitu Nabi Yahya AS.

23. Nabi Yahya AS: Meskipun lahir ketika ayahnya (Nabi Zakaria AS) sudah dalam usia yang uzur, namun Nabi Yahya AS tumbuh menjadi seseorang yang mengetahui syariat serta mampu memutuskan perkara sedari ia kecil. Beliau juga terkenal sangat rajin, rendah hati, gemar membaca, serta disukai oleh orang-orang yang ada di sekitarnya.

24. Nabi Isa AS: Nabi Isa AS terlahir atas mukjizat Allah SWT kepada seorang perempuan suci bernama Maryam. Tanpa harus mengandung dan bersetubuh, Maryam dititipkan Allah SWT seorang keturunan yaitu Nabi Isa AS yang kemudian hidupnya dipenuhi dengan banyak mukjizat, dan Nabi Isa AS pun merupakan salah satu nabil ulul azmi dengan kitab Injil.

25. Nabi Muhammad SAW: Yang terakhir adalah Nabi Muhammad SAW. Nabi Muhammad SAW ditinggal mati oleh ayahnya bahkan sebelum ia mengerti segala sesuatu yang terjadi di dunia. Kemudian ia ditinggal mati lagi oleh ibunya di usia yang masih kecil. Mukjizat yang diberikan kepada Allah SWT adalah kitab Al Qur’an yang dipercayakan kepadanya untuk disebar kepada seluruh umat Muslim di dunia.

Itulah 25 nama nabi dan rasul beserta dengan kisah singkatnya. Dari pemaparan di atas, semoga Anda bisa menjadi lebih mengetahui tentang nama-nama nabi dan rasul yang disebutkan di dalam kitab suci Al Qur’an.

Baca juga: Inilah Nama Bayi Perempuan Islami yang Cantik