Wajib-Coba-Resep-Kue-Basah-Kekinian-Lapis-Beras

Resep Kue Basah

Pernahkah Anda melihat kue lapis? Tampilannya yang berlapis-lapis seringkali membuat orang berpikir bahwa membuat jajanan kekinian ini akan sangat sulit. Padahal, proses pembuatannya tidak terlalu rumit. Hanya saja, dibutuhkan kesabaran untuk membuatnya. Berikut ini adalah bahan dan cara membuat kue lapis beras. 

Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah mempersiapkan bahan terlebih dahulu. Bahan-bahan ini bisa dibeli dengan mudah di pasaran. Ada beberapa bahan yang Anda butuhkan untuk membuat kue lapis ini, seperti:

  • 350 gram tepung beras 
  • 175 gram tepung tapioka 
  • 400 gram gula pasir atau yang bisa dikurangi atau ditambah sesuai dengan selera 
  • Pewarna 
  • 1,5 liter santan dengan kekentalan sedang 

Anda bisa memilih pewarna sesuai dengan keinginan. Sediakan dua atau tiga pewarna agar kue lapis yang Anda masak bisa terlihat lebih menarik. Anda bisa mengalikan atau mengurangi takaran bila dibutuhkan. Misalnya, Anda hanya ingin mencoba setelah resep saja, maka Anda bisa mengurangi setengah dari semua takaran dan bahan. 

Setelah mempersiapkan bahan-bahannya, Anda tentu perlu untuk mulai memasaknya. Berikut ini langkah-langkah yang harus Anda ikuti satu persatu:

  • Masak santan

Langkah yang pertama adalah memasak santan terlebih dahulu. Saat memasaknya, gunakan api kecil agar bagian bawah tidak sampai gosong. Setelah dimasak hingga matang, Anda bisa menuangkannya di dalam wadah. Biarkan beberapa saat hingga santan menjadi dingin. 

  • Campur bahan 

Setelah santan menjadi dingin, masukkan santan ke dalam chopper. Fungsi dari chopper ini adalah untuk melarutkan beberapa bahan menjadi satu. Masukkan gula ke dalam chopper bersama dengan santan. Selanjutnya, nyalakan chopper dan biarkan hingga gula larut bersama dengan pandan.

Apabila santan dan gula sudah tercampur dengan rata, Anda bisa memasukkan garam, tepung beras dan tepung tapioka secara bersamaan. Setelah itu, nyalakan lagi chopper hingga semuanya tercampur rata. Jika sudah selesai, saring adonan dan bagi menjadi dua bagian. 

  • Pemberian warna 

Tentu Anda sudah tahu bahwa kue lapis membutuhkan lebih dari satu warna. Setelah membagi adonan menjadi dua bagian, Anda bisa memberikan warna pada salah satu bagian tersebut. Apabila sudah meneteskan pewarna, Anda bisa mengaduknya hingga rata. Jangan biarkan ada salah satu bagian yang lebih terang atau lebih gelap dari yang lain. 

Baca juga : Resep Rawon Daging

  • Memasak adonan

Kue lapis dimasak dengan cara dikukus, sehingga Anda perlu menyiapkan kukusan terlebih dahulu. Olesi loyang dengan minyak. Ukuran loyang yang disarankan adalah 18 x 18 x 18 cm. Pada langkah pertama, tuang adonan putih telebih dahulu sebanyak 100 cc. Setelah itu, kukus lapisan pertama tersebut selama 5 menit dengan api kecil. Jika sudah, tuang adonan yang berwarna dengan takaran yang sama. Lakukan hal itu sampai adonan habis dan selesai. Jika sudah, kukus kembali adonan sampai benar-benar matang. 

Setiap kali Anda akan menuang adonan, aduk terlebih dahulu adonan agar lebih rata warna dan rasanya. 

  • Sajikan kue 

Jika sudah selesai dikukus hingga benar-benar matang, biarkan kue dingin terlebih dahulu. Lapisi kue dengan plastik bening sebelum memotongnya. Ukuran potongan kue bisa disesuaikan dengan keinginan. Setelah selesai dipotong, kue lapis ini siap untuk disajikan. 

Itu dia langkah-langkah yang bisa Anda lakukan untuk membuat resep kue basah kekinian lapis kukus. Dibutuhkan kesabaran untuk bisa membuat jajanan ini, sehingga Anda membutuhkan waktu yang panjang dalam proses memasak. Tertarik untuk membuat kue basah kekinian yang satu ini? 

Baca juga :  5 Menu Kue Basah Modern dengan Santan