Santen-dan-Tongseng-petir

Millennial.web.id – Ada banyak sekali makanan khas yang bisa kita nikmati ketika berkunjung disebuah kota. Apalagi jika Anda secara khusus memang sudah menjadwalkan diri pergi ke Jogja. Maka Anda bisa membuat daftar makanan apa saja yang harus segera dicoba.

Jogja merupakan ibu kota besar yang sama terkenalnya dan reputasinya seperti Bandung dan juga Jakarta. Ada banyak sekali peninggalan sejarah, yang terjadi dikota satu itu. Ada banyak sekali wisatawan yang selalu takjub dan terpukau dengan sejarah yang ditampilkan oleh masyarakat dan para keturunan Jogja.

Jogja adalah kota besar yang selalu menampilkan berbagai cerita dan keindahan yang takkan pernah ada habisnya untuk dibicarakan. Cerita-cerita wisata Jogja selalu memberikan kepuasan tersendiri bagi masyarakat Jogja. Ini mengapa beragam ciri khas Jogja selalu menjadi oleh-oleh dan kekhassan yang tak mudah dilupakan.

Anda bisa memilih apa saja yang paling kalian rindukan dari liburan oanjang di Jogja. Namun, Anda pasti setuju bahwa makanan khas Jogja adalah yang paling dinanti dan akan membuat siapa saja tergoda.

Makanan Khas Jogja Yang Banyak Diincar

Kota Jogja disebut sebagai Daerah istimewa, karena rentetan sejarah yang membangun dan mendasarkan besarnya kota satu ini. Jogja dikenal dengan cerita dan sejarah kerajaan Matram yang memimpin. Ini mengapa, jika Anda ke Jogja Anda akan sangat merasakan bangunan bersejarah, atau cerita-cerita sejarah yang mendasari berdirinya atau terbangunnya sebuah bangunan, bahkan sejarah dari makanan khas dari Jogja. Sehingga orang yang pergi ke Jogja rasanya tidak sempurna jika tak mencicipi makanan khas dari Jogja.

Makanan memang selalu menjadi destinasi yang diincar oleh orang-orang yang melakukan wisata. Anda bakan segera mencicipi, bahkan merindukkannya kembali ketika ingin mencicipi makanan-makanan khas Jogjanya.

Ada yang makanannya berupa oleh-oleh, makanan tradisional, makanan berat untuk makan siang dan malam, atau bahkan makanan pembuka atau penutup yang cocok diajak ketempat makan apapun.

Anda bisa menikmati jenis makanan khas Jogja yang paling disukai, dan paling dinanti untuk segera diolah. Sehingga Anda tidak penasaran pada keistimewaan makanan-makanan dari khas Jogja.

Makanan Khas Jogja Beragam Dan Menarik

Jenis makanan yang dipilihnya nikmat dan sesuai dengan selera, makanan khas Jogja dikenal dengan rasanya identik dengan manis. Makanan dari Jogja selalu berhasil merebut hari dan pikiran setiap wisatawan. Makanannya selalu seru dinikmati sambil mengobrol atau nongkrong sambil mengisi dahaga.

Anda bisa memilih makanan khas Jogja yang paling sesuai dan cocok untuk dinikmati, beragam pilihannya harus ditekan dengan kemauan dan banyak kalangannya. Anda bisa menikmati makanan khas Jogja untuk menikmati suasana yang harus segera dipilh sebagai ciri khas yang selalu menarik.

1. Sate Klantak

sate-klatak

Sate memang menjadi makanan ciri khas dari Indonesia, namun beberaka kotanya memiliki kekkhassannya sendiri baik itu bumbu atau daging yang digunakan. Seperti sate klantak yang terbuat dari bahan daging kambing muda, Anda bisa mencobanya jika sedang berkunjung ke Banthul.

Dagingnya disajikan dengan tusuk yang terbuat dari jeruji sepeda. Selain itu bumbu yang disajikkannya ialah kuah gulai. Nah nama klantak pada sate berasal dari suara sate ketika dibakar yang menimbulkan bunyi “klanthak-klanthak…” oleh-oleh.

2. Krecek

Krecek

Makanan khas Jogja yang pertama ialah, krecek. Makanan satu ini menjadi ciri khas dari Jogja sebagai olahan kerupuk kulit yang diolah bersama sambel yang rasanya sudah pasti gurih, dan pedas yang semurna. Biasanya beberpaa ornag mencampurkan makanan dengan gudeg sehingga lebih nikmat.

Makanannya dinyatakan sempurna karena menghidangkannya dengan gudeg yang akan berasa manis dan juga pedas secara bersamaan.

3. Gudeg

Gudeg

Makanan satu ini tak boleh sampai dilewatkan untuk dinikmati, gudeg adalah yang paling terkenal dan biasanya menjadi makanan yang banyak digandrungi dan dirindungi banyak kalangannya. Gudeg merupakan sayur nangka muda juga santan.

Makanan gudeg ini memiliki warna coklat, yang biasanya juga dihasilkan dari bahan daun jati lalu dipasak secara bersamaan. Gudeg seringkali menambahkannya dengan sajain sambal, nasi, kuah santan kental, telur, ayam kampung, juga tambahan krecek.

4. Santen dan Tongseng petir

Santen-dan-Tongseng-petir

Makanan khasnya terbuat dari sate dan tongseng daging kambing, selain itu dihidangkan dengan bumbu yang khas, dan membuat Anda tak sabaran untuk mencicipinya. Bumbunya pedas dan sangat berciri khas, ini mengapa makanan yang berat dan bisa dinikmati dengan santai di sebuah lokasi makannya.

5. Cenil

Cenil

Makanan satu ini termasuk kedalam makanan khas sebagai jajanan yang sangat mewarisi legenda dan kebiasaan. Tekstur, bentuk, warna bahkan rasanya terkadang berbeda dan banyak sekali variasinya. Cenil merupakan jajanan dari Jogja yang sangat khas dan banyk diburu.

Cenil terbuat dari ketela pohon, dapat dibentuk sendiri sesuai keinginan baik bulat, atau kotak. Lalu ditambahkan dengan warna yang semakin cantik untuk dihidangkan.

6. Geplak

Geplak

Jika Anda ingin makanan khas yang bersifat jajanan atau kue-kue khas, maka Anda bisa menikmati geplak. Ini adalah jajanan kas Jogja. Kue tradisional ini sampai sekarang masih bisa dinikmati, terbuat dengan bahan kelapa parut, dengan campuran gula juga tepung, lalu dibentuk menjadi kue bulat, dengan warna-warni beragam yang membuat kita semakin penasaran dengan rasa geplak makanan tradional jajanan khas Jogja.

Baca juga: 5 Resep Kue Basah dari Berbagai Daerah Ini Perlu Anda Coba!

7. Sayur Lombok Ijo

Sayur-Lombok-Ijo

Anda yang menikmati makanan sehat seperti sayur, pasti akan memilih makanan tau pasakan yang segar, nikmat, hingga berkhasiat tinggi. Sayuran lombok ijo ini disajikan dengan rasa yang unik yaitu pedas, gurih, lalu ditambahkan dengan kuah dari santan kental, sehingga racikan bumbunya pas dan cocok untuk dinikmati. Sayurannya cocok dijadikan teman makan bersama sego abang.

8. Bakmi Pentil

Bakmi-pentil

Seperti kita ketahui, merasakan makanan khas Jogja maka akan identik dengan makanan seperti bakmi Jogja. Nah di Jogja ada jenis bakmi pentil yang dibuat dari bahanpati ketela.

Uniknya tekstur dan bentuk dari bakmi pentil ini panjang, dengan ukurannya yang besar, dengan warna kuning atau putih, bakminya selalu mudah diolah dan menghasilkan tekstur yang kenyal, bakmi ini sangat populer dan banyak dicicipi oleh berbagai wisatwan yang datang ke Jogja.

9. Peyek Tumpuk

Peyek-Tumpuk

Ini adalah gorengan yang dogoreng dan biasanya menggunakan taburan kacang merah, nah seperti peyek pada umumnya.

Bedanya peyek tumpuk diyogya digoreng dengan cara ditumpuk, sehingga bentuk peyeknya tidak beraturan, dan membuat siapa saja tertarik untuk memakan jenis peyeknya yang enak menjadi teman makan, agar terkesan lebih renyah.

10. Mie lethek

Mie-lethek

Bentuk atau penyajiannya seperti bakmi jawa, bedanya adalah bahan dasarnya bukan mie, melainkan bihun. Bihunnya digoreng dan berwarna kecoklatan. Sebutan mie lethek ini berasal dari warna penyajian bihunnya yang berwarna coklat yang artinya mie kotor.

Warna kecoklatannya ini berasal dari bahan tepung ketela, selain itu mie lethek dipilih menajdi makaan yang lebih sehat, dibandingkan dengan jenis bakmi lainnya.

11. Soto lentho

Soto-lentho

Jika Anda ingin bahan makanan yang terbuat dari soto yang akan memberikan kehangatan. Maka Anda bisa memilih doto lenthok, sotonya disajikan dengan lauk yang berupa lenthok, sementara lenthok sendiri merupakan perekedel yang terbuat dari bahan singkong. Biasanya Anda bisa mencicipi soto hangat ini jika pergi kedaerah stasiun Tugu atau daerah banthul.

12. Ayam geprek

Ayam-geprek-jogja

Ada yang penggemar dari ayam geprek? Ini adalah ayam tepung yang digeprek dengan sambal, sehingga bumbu sambalnya akan menyerap kedalam olahan daging tepung yang sudah matang. ayam geprek ini sebenarnya berasal dari Yogyakarta, jadi ketika Anda pergi berwisata ke Jogja, Anda bisa mencicipi makanan ayam geprek yang khas dari Jogja dan asli dari Jogja.

13. Sate Kere

Sate-Kere

Bukan hanya sate klatak yang terkenal di Jogja, dikota ini dikenal juga dengan kekhasan sate kere. Satenya terbuat dari bahan daging gajih, atau lemak sapi yang akan dihidangkan dengan bumbu khusus agar nikat dan khas. Sate ini biasanya dihidangkan dengan ketupat, dan akan sangat nikmat dan membuat Anda cepat menyantap makanannya sampai habis.

14. Kicak

Kicak

Jika Anda kebetulan datang ke Jogja saat memasuki bulan ramadhan, ada makanan khas Jogja atau tradisional jajanan Jogja yang mengenalkan Kicak. Jajanan ini terbuat dari bahan jadah, gula, parutan kelapa, lalu diguyur dengan nangka, pandan, juga ditambahkan vanili.

Kicak memiliki rasa yang manis, gurih, asin dengan tekstur yang lembut. Biasanya kicak dijual dibeberapa festival makanan ramadhan di Jogja.

15. Brongkos Jogja

Brongkos-Jogja

Makanan khas Jogja selanjutnya ialah, brongkos, yang ebebrapa kali sering disamakan dengan rawon. Perbedaannya bahan dari kuah brongkos menggunakan santan, sehingga tampilan kuahnya lebih kental.

Brongkos juga disajikan dengan isian, kacang tolo, telur, kulit melinjo, dan daging. Anda bisa menikmati brongkos enak di Brongkos Warung Ijo Bu Padmo.

16. Coklat monggo

Coklat-monggo

Jika Anda mencari oleh-oleh dari Jogja, Anda bisa pilih salah satunya makanan khas Jogja Coklat Monggo. Coklat satu ini berasal dari brand asli Jogja, dan menjadi oleh-oleh khas yang enak, dan diminati para wisatawan Jogja. Coklatnya berasal dari pertanian coklat milik masyarakat Jogja asli, sehingga Anda bisa mencicipi sajian coklat Nusantara.

Baca juga: 3 Kuliner Khas Bandung yang Lezat, Kamu Wajib Coba!