5-Resep-Kue-Basah-Praktis-Lumpia.

millennial.web.id – Lumpia merupakan kudapan khas dari kota Semarang yang memiliki cita rasa unik. Ketika mencobanya, bisa jadi Anda menginginkannya lagi dan lagi. Sebab, makanan yang satu ini sangat nikmat meskipun dinikmati berulang-ulang. Boleh dikatakan, tidak ada rasa bosan untuk menyantap lumpia lantaran memang lezat. 

Sebagai kudapan, kue basah yang satu ini memiliki tekstur lembut dengan rasa yang cenderung gurih. Kreasi resepnya pun bermacam-macam. Bahkan, bisa dibuat menjadi manis. Berikut resep membuat kue basah lumpia praktis yang bisa Anda terapkan.

1. Lumpia Gurih Khas Semarang

Sebagai makanan khas Semarang, lumpia Semarang tentu mempunyai karakteristik sendiri. Isi yang digunakan dalam lumpia Semarang adalah rebung, telur, terkadang ada pula yang mencampurkan dengan ayam. Apabila Anda telah memiliki bahan-bahan pokoknya itu, bisa sekali untuk mengolahnya menjadi lumpia siap santap. Jangan lupa pula untuk menyiapkan lembar kulit lumpia untuk membungkus isinya.

Bumbu yang digunakan untuk lumpia Semarang bisa digolongkan sering dijumpai, seperti bawang merah, bawang putih, kecap manis, minyak wijen, kecap asin, merica bubuk, gula pasir, dan garam. Mulanya, Anda harus mengolah isinya terlebih dahulu. Untuk lumpia semarang, rebung dipotong berbentuk persegi panjang. Lalu, rebus rebung tersebut hingga matang. 

Kemudian, olah bersama bumbu-bumbu yang telah disediakan. Untuk rasanya, bisa dimasak sesuai dengan selera Anda. Apabila telah matang seutuhnya, langsung saja balut isi lumpia menggunakan kulitnya. Diujungnya, manfaatkan putih telur sebagai perekat agar tidak mudah terbuka. Yang terakhir, Anda hanya perlu menggorengnya dan lumpia siap disajikan. 

2. Lumpia Isi Kacang Hijau

Berbeda dengan lumpia sebelumnya yang memiliki rasa gurih, lumpia isi kacang hijau lebih mengarah ke rasa manis. Tidak berbeda jauh dengan sebelumnya, untuk mengolah lumpia yang satu ini pun Anda harus memasak isinya terlebih dahulu. 

Dalam hal ini, isi lumpia adalah kacang hijau. Anda harus menghaluskan kacang hijau sebelum dibungkus dengan kulit lumpia. Jangan lupa untuk menambahkan gula sebagai penyeimbang rasa dalam kacang hijaunya ya, juga supaya tidak hambar. 

3. Lumpia Kombinasi Sayur

Selanjutnya, Anda bisa membuat lumpia kombinasi sayur. Sebagaimana diketahui, sayur merupakan bahan makanan yang sangat baik untuk tubuh. Karenanya, mengonsumsi sayur akan membuat Anda semakin sayur. 

Bagi yang ternyata kurang suka dengan sayur, bisa sekali untuk mengolah sayur menjadi lumpia. Sayuran yang biasa dipakai sebagai isi lumpia adalah wortel dan kentang. Anda bisa memasak dua bahan tersebut dengan dikombinasikan bersama telur. Menggunakan rempah-rempah pendukung, pasti rasa lumpia sayur yang Anda buat akan semakin nikmat. 

Baca juga : Resep Kue Basah Kekinian Lapis Beras

4. Lumpia Ayam

Bagi pecinta ayam, lumpia ayam merupakan alternatif kreasi lumpia yang tepat. Mengenai olahan ayamnya, Anda bisa mengkeasikannya sesuai yang dikehendaki. Bisa juga membuat lumpia ayam ekstra pedas dengan tambahan cabai saat memasak ayam. Setelah ayam yang diolah itu matang, Anda tinggal memadukannya dengan kulit lumpia, goreng, lalu sajikan. 

3. Lumpia Isi Daging Kolaborasi Sayur

Yang terakhir, boleh dikatakan paket komplit. Daging kaya akan protein, sedangkan sayur mengandung banyak vitamin. Apabila dikonsumsi secara seimbang, keduanya bisa menjadikan tubuh lebih sehat. Karena itu, memasak lumpia isi daging kolaborasi sayur dapat menjadi pilihan yang pas. 

Sama seperti sebelumnya, Anda hanya perlu mengolah daging dan sayurnya terlebih dahulu, kemudian membungkusnya dengan kulit lumpia. Berikutnya, goreng, tiriskan, dan sajikan. Akan lebih nikmat ketika disantap saat hangat. 

Melalui berbagai resep kue basah lumpia praktis yang telah diuraikan di atas, Anda bisa mengolah lumpia ala kreasi sendiri. Apabila dihitung dari segi biaya, membuat lumpia sendiri cenderung lebih murah dibandingkan dengan membeli. Terlebih, Anda pun bisa membuat lumpia dalam jumlah yang banyak saat mengolahnya dengan tangan sendiri. Karenanya, kepuasan lebih meningkat. Jadi, Anda dapat menggunakan rese-resep yang telah disebutkan sebagai referensi untuk membuat lumpia. 

Baca juga :  5 Resep Kue Basah Praktis Lezat Jenis Lapis