makanan-khas-makassar-konro-bakar

Millennial.web.id – Selama pandemi dan #dirumahaja, kamu pasti merasa jenuh dan gak sabar untuk segera traveling menjelajah daerah-daerah baru serta mencoba makanan khasnya. Sabar dulu! Meski belum bisa jalan-jalan sekarang, tapi kamu bisa nih mulai merencanakan akan liburan kemana seusai pandemi.

Salah satu tempat yang Millennial.web.id rekomendasikan untuk dikunjungi adalah Kota Makassar! Tak hanya memiliki banyak destinasi wisata yang menarik, makanan khas Makassar juga menjadi salah satu daya tarik bagi para wisatawan Kota Makassar lho. Ada apa saja sih makanan khas Makassar yang nikmat dan menarik?

Biar kamu gak penasaran, yuk simak 4 rekomendasi makanan khas Makassar yang nikmat dan wajib banget kamu cobain ketika berkunjung kesana!

1. Burasa

burasa-khas-makassar

Makanan khas Makassar yang pertama adalah Burasa. Burasa merupakan sajian yang mirip dengan lontong yang dibungkus dengan menggunakan daun pisang muda. Biasanya makanan ini dihidangkan dengan tambahan berupa taburan bumbu kelapa kering, cabai, gula, dan garam.

Makanan khas Makassar yang satu ini bisa kamu temukan di pasar atau tempat-tempat penjual kue dan makanan. Sebagai rekomendasi, kamu bisa menikmati Burasa di Bakso 33 Makassar yang berada di Jl. Bete-Bete No. 35, Barana, Kota Makassar. Tempat ini beroperasi setiap hari mulai pukul 07.30-20.00 WITA. Harganya pun sangat terjangkau, yakni mulai dari Rp 5 ribu saja. 

2. Konro Bakar

konro-bakar-makassar

Mungkin kamu sudah tak asing lagi dengan Sop Konro. Untuk mencoba olahan lain dari Konro, kamu bisa coba Konro Bakar khas Makassar!

Makanan dengan sajian iga bakar ini sangat nikmat disantap dalam keadaan masih panas. Kamu bisa mencoba makanan ini di Konro Karebosi yang berada di Jl Gunung Lompo Battang No. 41-43, Pisang Utara, Ujung Pandang, Kota Makassar. Harga seporsinya dibandrol dengan harga Rp 40 ribu. Tempat makan ini buka setiap hari mulai pukul 11.00-23.00 WITA. 

Baca juga: Kumpulan Artikel Terbaru Seputar Lifestyle Wanita di Popbela

3. Songkolo Bagadang

songkolo-bagadang-makassar

Rekomendasi makanan khas Makassar selanjutnya adalah Songkolo Bagadang. Katanya, makanan ini merupakan kuliner tengah malam di Kota Makassar lho! 

Songkolo Bagadang merupakan sajian nasi ketan hitam/putih yang ditambah dengan serundeng atau  parutan kelapa sangrai sebagai toppingnya. Kemudian nasi ketan tersebut ditambah dengan ikan teri asin, telur dan sambal kuning. Perpaduan rasanya nikmat banget!

Biasanya makanan yang satu ini seringkali ditemukan di acara-acara adat di Sulawesi Selatan. Untuk mencoba makanan ini, kamu bisa berkunjung ke Songkolo Bagadang Alhamdulillah yang berada di Jl. Pannara No. 19,  Kota Makassar. Untuk seporsinya kamu cukup membayar Rp 5 ribu saja. Dan tempat makan ini buka setiap hari nonstop selama 24 jam lho!

4. Sarabba

minuman-khas-makassar-sarabba

Penasaran makanan apa yang biasa disantap di Kota Makassar kala hujan? Jawabannya adalah Sarabba!

Jika di kota-kota lain minuman ini dikenal dengan nama bandrek, sekoteng, wedang uwuh, dan semacamnya, orang Makassar menyebut minuman penghangat tubuh ini sebagai Sarabba. Minuman dengan campuran jahe, kuning telur, gula aren, dan merica bubuk ini amat digemari oleh masyarakat lokal Kota Makassar.

Untuk mencobanya kamu bisa mendatangi Sarabba Daeng Hasna yang sudah lama berdiri sejak 1983. Warung penjual Sarabba ini terletak di Jl. Bulu Saraung, Pisang Utara, Kota Makassar. Warung ini beroperasi setiap hari mulai pukul 07.30-22.00 WITA. Untuk harga segelas Sarabba hanya Rp. 7.500 untuk Sarabba biasa, dan Rp 10 ribu untuk Sarabba telur maupun Sarabba susu.

Bagaimana? Menarik-menarik sekali bukan, pilihan makanan khas Makassar di atas? Catat nama dan tempat makannya sekarang, berangkat liburan kemudian!

Baca juga: 3 Kuliner Khas Bandung yang Lezat, Kamu Wajib Coba!